Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBREAKINGNEWS.CO.ID – Indonesia Open telah mamasuki babak semi final yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/7/2018). Sebagai tuan rumah, Indonesia hanya berhasil mengirimkan empat wakilnya pada babak pencarian tiket menuju partai puncak yang akan dihelat pada Minggu (8/7) besok. Laga pada hari ini pun dipastikan akan berjalan dengan singit dan seru.

Keempat wakil Merah Putih yang lolos ke babak semi final ini yaitu, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di sekor ganda putra dan dua wakil lainnya akan turun di sektor ganda campuran yakni, Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Hafiz Faizail/Gloria Emanuelle Widjaja.

Kevin/Marcus sendiri lolos ke babak ini usai mengalahkan wakil andalan Denmark, Mads Kolding/Mads Conrad-Petersen dengan skoe 20-22, 22-20 dan 21-18. Sementara Fajar/Rian melaju ke babak semi final mereka usai memenangkan laga melawan wakil Cina, Liu Cheng/Zhang Nan dengan skor 21-18, 18-21 dan 25-23. Namun sayang kedua wakil Indonesia tersebut harus dipaksa untuk saling membunuh untuk memastikan langkah mereka ke babak puncak. Itu artinya Indonesia telah dipastikan akan mengamankan satu tiket babak final.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Pertandingan semifinal ini merupakan pertemuan pertama bagi Kevin/Marcus dan Fajar/Rian. Meskipun Kevin/Marcus lebih diunggulkan, Fajar/Rian tetap optimistis. "Kevin/Marcus kecepatannya luar biasa, speed dan power bagus. Kami sering bertemu di latihan. Kapan lagi bisa lawan Kevin/Marcus, apalagi di rumah sendiri. Pokoknya siapa yang siap, pasti bisa, tidak ada yang tidak mungkin," kata Fajar.

Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir

Sementara itu pada sektor ganda campuran, Tantowi/Liliyana yang tampil sebagai favorit pertama melenggang ke babak semi final ini usai mengalahkan wakil Cina, Zhang Nan/Li Yinhiu dengan skor 21-17 dan 21-14. Sedangkan pada Hafiz/Gloria melaju ke babak semi final usai memenangkan laga perang saudara melawan Ricky Kandarasuwardi/Debby Susanto dengan skor 21-15, 22-24 dan 21-19. Namun kemenangan kedua wakil Indonesia tersebut membuat mereka harus bertemu untuk saling membunuh, sebagai syarat utama merebut tiket final.

Hafiz Faizail/Gloria Emanuelle Widjaja

Jadwal Semifinal

Takuto Inoue/Yuki Kaneko (Jepang) Vs Liao Min Chun/Su Ching Heng (Taiwan)

Sung Ji-hyun (Korea) Vs Chen Yufei (China)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Tai Tzu Ying (Taiwan) Vs He Bingjiao (China)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China) Vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia)

Chen Qingchen/Jia Yifan (China) Vs Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (Jepang)

Viktor Axelsen (Denmark) Vs Shi Yuqi (China)

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) Vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Kento Momota (Jepang) Vs Lee Chong Wei (Malaysia