JAKARTA - Empat Menteri Kabinet Kerja menghadiri acara Refleksi 2017 dan Resolusi 2018 Kementerian PANRB, di Jakarta, Senin (22/1/2018). Keempat menteri dimaksud adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Bappenas Bambang S Brojonegoro, Menteri Kesehatan Nila F. Moelok, dan Menteri PANRB Asman Abnur selaku tuan rumah.

Selain itu, hadir juga Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, Kepala BPKP Mardan, Kepala ANRI, Wakil Dirut Bank Mandiri, para Komisioner KASN dan sejumlah pejabat pimpinan tinggi Kementerian PAN-RB, BKN, LAN, BPKP dan ANRI. Acara tersebut juga diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kementerian PANRB.

Diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja  (PK) antara Menteri dengan menggunakan Pejabat Pimpinan Tinggi, dan dilanjutkan secara estafet ke bawah, sampai staf. Acara juga diisi dengan penandatanganan MoU antara Bank Mandiri, Kementerian PAN-RB dan BKN, serta penyerahan data tenaga kesehatan oleh Menteri Kesehatan kepada Menteri PANRB

Dalam laporanbya, Sekretaris Kementerian PAN-B Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, PK merupakan perjanjian antara pimpinan dan bawahannya mengenai rencana kinerja yang akan dilaksanakan dalam setahun. Dari PK itu akan diketahui, sejauh mana kinerja seorang pegawai ASN serta unit kerjanya. PK menjadi dasar pemberian  reward dan punishment  kepada ASN.