Alaves--Barcelona kembali memetik tiga angka berkat kemenangan 2-0 atas Deportivo Alaves di Stadion Estadio Mendizorroca, Minggu (27/8/2017) dini hari. Kemenangan ini membuat El Barca bertenger di papan atas Liga Spanyol.

Pada menit ke-39 El Barca mendapatkan hadiah penalti dari wasit Carlos de Cerro. Sayang Lionel Messi yang menjadi algojo gagal mengeksekusi dengan baik peluang tersebut. Tendangan kaki kirinya mampu ditepis oleh kiper Alaves Fernando Pacheco.

Laga ini berjalan cukup keras. Pada babak pertama, del Cerro bahkan sudah mengeluarkan lima kartu kuning. Dua untuk pemain Alaves Wakaso Mubarak dan Rodrigo Ely. Sementara Barca mendapatkan tiga kartu kuing untuk Samuel Umtiti, Sergio Roberto dan Gerard Pique. Kedua tim juga bermain lugas serta saling menyerang. Namun hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap imbang 0-0.

Pada menit ke-55, akhirnya Lionel Messi mampu membayar kegagalannnya di babak pertama. Setelah menerima umpan silang Jordi Alba, striker asal Argentina ini mengontrol bola dengan baik dan mengecoh pertahanan Alaves. Kaki kiri La Pulga akhirnya menghukum Pacheco yang terpaksa memungut bola dari gawangnya, 1-0 untuk Barcelona.

Kaki kiri Lionel Messi kembali menghukum gawang Pacheco pada menit ke-66. Gol berawal dari kelengahan lini belakang Alaves yang tampak mempermainkan bola dan tidak langsung membuang jauh dari pertahanan mereka. Messi tanpa ampun menerima bola hasil serobotan Gerard Deulofeu dan menyambarnya untuk menjadikan kedudukan 2-0 untuk El Barca.