BREAKINGNEWS.CO.ID - Cabang balap sepeda khususnya nomor cross country serta MTB  downhil optimistis mampu membawa pulang minimal  satu dari empat medali emas yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 mendatang.  Keyakinan itu didasarkan pada bekal  pengenalan medan pertandingan yang sudah sejak dini dikakukan, ditambah supporter  seputaran tuan rumah khususnya warga kawasan Subang, tempat dimana pertanndingan dihelat. “Kami yakin mampu merebut medali emas pada Asian Games nanti, mas”, kata  atlet nomor  cross country, Chandra Rafsanjani dengan nada yakin saat ditemui di pemusatan latihan cabang ini Subang, Jawa Barat, Minggu (8/5/2018).

Keyakinan tersebut disampaikannya karena rekan-rekanya yang lain juga punya pikiran serupa. Apalagi dibanding negara lain  yang akan jadi competitor, tak satupun yang pernah melihat lintasan yang akan digunakan tersebut

“Atlet sudah berlatih di tempat yang akan jadi tempat pertandingan sejak Juli atau setelah lebaran, jadi kita boleh harapkan ada emas yang dibawa pulang,” kata Zainul Siswanto yang diamine rekannya Benny Setiawan.

Cabang balap sepeda Asian Games mempertandingkan empat nomor pertandingan. Dua nomor lain yakni trek dan jalan raya akan berlangsung di Velodrome Rawamangun dan Jakarta.

Menurut pelatih Oki Raspati yang menangani nomor cross Country, peta kekuatan negara peserta yang akan ambil bagian pada nomor ini relative tak terlalu mengkhawatirkan. “Hasil kejuaraan dunia di Australia beberap waktu lalu yang juga diikuti oleh hamper seluruh negara Asia, prestasi kita masih lebih baik, yang paling mendekati hanya dua negara yakni Thailand dan China Taipeh,”paparnya.

Dengan sisa waktu pertandingan yang kurang dari tiga minggu, latihan para atlet lebih banyak diisi pemantapan penguasaan medan.

Para pelatih lebih banyak memberi porsi penguatan psikologis serta mental serta sejumlah strategi yang diterapkan.

Arena pertandingan nomor BMX down hill  dan cross country berada di kawasan bernama Buni Hayu, Subang.. Sementara  pertandingannya sendiri  akan berlangsung pada 20 dan 21 Agustus.

Tim Cabang balap sepeda nomor MTB Down hill dan Cross Country

MTB Downhill

  1. Popo Ariyo Sejati
  2. Khoiful Mukhib
  3. Hiildan Afosma Katawa
  4. Tiara Andini Prastika
  5. Nining Purwaningsi

Pelatih : Zainul Siswanto/ Benny Setiawan

Cross Country

  1. Chandra Rafsanjani
  2. Rafika H Farisi
  3. Noviana
  4. Rohidah

Pelatih :  Eki Raspati/Abdurahman