BREAKINGNEWS.CO.ID- Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menerima kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Senin (15/04/2019) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kunjungan BKS tersebut adalah dalam rangka Penyerahan Kapal Pelra (Pelra) kepada Pemerintah Daerah di Jatim.

Selain itu dalam Kunjungan tersebut juga dilakukan, Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Sepuluh November dan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Konektivitas Indonesia Timur di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Menteri BKS diterima langsung oleh Doso Agung. Selanjutnya keduanya, bersama Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo, Kepala Dinas Perhubungan Jatim Fattah Jasin, dan beberapa bupati ikut serta dalam acara itu.

Mereka langsung menuju tempat acara di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mereka juga mencoba pelayaran singkat menggunakan kapal pelra yang dihibahkan oleh Kemenhub kepada Pemda Senin siang. BKS juga  menjajal kenyamanan kapal kecil tersebut. Menhub langsung meraih pelampung sebelum masuk ke ruang kemudi.

Dalam acara tersebut terdapat 12  kapal yang secara simbolis diserahkan gratis ke sejumlah daerah di Indonesia. Selain dua kapal untuk Situbondo dan Banyuwangi (Jatim), sejumlah daerah di Bengkulu, NTB, Lampung, Kalbar, dan daerah lain berhak atas hibah kapal Pelra berkapasitas 24 penumpang tersebut.

"Demi keselamatan pelayaran, semua penumpang harus dilengkapi pelampung seperti ini," ucap Budi sebelum bertolak menyusuri Perairan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kapal Pelra baru yang dibuat di Banyuwangi itu tampak lincah menembus perairan. Kapal kecil tersebut terlihat kokoh dan mampu berlayar dengan sangat baik. Selama 10 menit, Menhub berada di atas Kapal Pelra.

"Enak tenan, nyaman. Bisa mantul-mantul. Namun yang utama adalah tingkat keselamatan pelayaran yang bikin nyaman," kata Budi usai menjajal kapal Pelra baru itu.

Kenyamanan tidak hanya dirasakan Menhub dan Doso Agung yang merasakan langsung kabin kapal. Para rombongan Menhub juga melihat kenyamanan di dalam kabin.

Doso Agung juga menyatakan bahwa kapal pelra ini sangat membantu kontivitas transportasi di sejumlah daerah yang selama ini belum dilayani oleh kapal-kapal besar. Khususnya pelayaran yang akan meningkatkan ekonomi dan perdagangan.