BREAKINGNEWS.CO.ID-Atletico Madrid menjamu Borussia Dortmund di matchday-4 penyisihan Grup A Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Rabu (7/11) mulai pukul 03.00 dini hari WIB ini. Wasit Daniele Orsato dari Italia memimpin laga krusial buat kedua tim itu.

Diego Simeone, pelatih Atletico Madrid, dan manajer Dortmund Lucien Favre telah mengumumkan kombinasi starting XI masing-masing.

Starting XI Atletico Madrid: Oblak (GK), Filipe Luís, Thomas, Griezmann (C), Saúl Ñíguez, N. Kalinić, Correa, Rodri, Juanfran, Lucas, Giménez.

Starting XI Borussia Dortmund: Bürki (GK), Hakimi, Delaney, Sancho, Paco Alcácer, Reus (C), Akanji, Pulišić, Piszczek, Witsel, Ömer Toprak.

Ini adalah musim campur aduk bagi Atletico Madrid sejauh ini. Mereka kehilangan lebih banyak poin pada akhir pekan. Hasil imbang 1-1 di kandang Leganes membuat mereka tertinggal empat poin dari Barcelona.

Mereka siap untuk meningkatkan kinerja di Liga Champions setelah unggul lima poin dari urutan kedua di grup A. Namun, mereka hanya unggul karena keberuntungan setelah penampilan buruk dari Club Brugge dan AS Monaco.

Kekalahan 4-0 di kandang Borussia Dortmund pada 25 Oktober lalu membuat Atletico tertinggal tiga poin di belakang pemuncak grup Borussia Dortmund. Jadi ini adalah laga yang harus dimenangkan oleh skuad asuhan Diego Simeone.

Dortmund terus memimpin klasemen Bundesliga, dan kemenangan 1-0 mereka di Wolfsburg pada Sabtu telah membuat mereka unggul empat poin di puncak klasemen Bundesliga.

Performa apik Dortmund di Liga Champions membuat musim mereka lebih baik, meraih 9 poin untuk memuncaki klasemen grup, mencuri poin di Spanyol akan membawa Dortmund menjuarai grup dan memastikan lolos ke babak 16 besar.

Sepertinya ini akan menjadi laga yang imbang, meskipun itu tidak berarti pertahanan Atletico Madrid akan membaik. Tuan rumah belum pernah satu kali pun mencatatkan gawang bersih dalam lima laga melawan Borussia Dortmund di kompetisi Eropa, dengan setengah dari total gol yang masuk ke gawang mereka (8 gol) tercipta di pertemuan terakhir (4-0 di Signal Iduna Park). Dan sementara Los Rojiblancos mencetak gol dalam setiap laga Liga Champions di stadion barunya, mereka juga kebobolan dalam tiga dari empat laga.

Dortmund diperhitungkan akan kembali mencetak gol, setelah mencatatkan 38 gol dalam 13 pertandingan di Bundesliga dan Liga Champions.

Lini belakang tim tamu juga tampil solid di Eropa, dengan meraih tiga kemenangan tanpa kebobolan. Namun Dortmund hanya mencatatkan satu kali gawang bersih dalam delapan tandang terbarunya. Jadi mereka diperkirakan akan kebobobolan, kedua tim mencetak gol namun laga diprediksi berakhir seri.

Merujuk pada head-to-head kedua tim, Atletico Madrid memenangkan hanya satu dari lima pertemuan melawan Borussia Dortmund di kompetisi Eropa (D1-L3), termasuk kekalahan dalam tiga dari empat pertemuan terakhir.

Borussia Dortmund tidak terkalahkan dalam dua tandang sebelumnya melawan Atletico Madrid di kompetisi Eropa (W1-D1), dengan kemenangan terakhirnya di Liga Champions terjadi Oktober 1996 (1-0).

Borussia Dortmund telah memenangkan tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Champions, sementara mereka terakhir memenangkan empat pertandingan berturut-turut pada November 2014 (lima kemenangan beruntun di bawah besutan Jurgen Klopp).

Sementara itu, Atletico Madrid sebelumnya hanya kalah dua kali beruntun pada penyisihan grup Liga Champions pada Oktober 2009 di bawah besutan Abel Resino.

Borussia Dortmund adalah salah satu dari hanya dua tim yang belum kebobolan di Liga Champions musim ini (bersama Juventus), sementara sebelumnya terakhir kali melakoni empat pertandingan tanpa kebobolan dalam kompetisi terjadi pada Oktober 2014.

Sejak membuat debut Liga Champions untuk Atletico Madrid pada September 2014, Antoine Griezmann telah mencetak 19 gol dalam kompetisi ini; 11 gol lebih banyak dari pencetak gol terbanyak kedua di kompetisi (8 gol- Saul Ñíguez).

Atletico Madrid telah mencetak tujuh gol kandang di Liga Champions sejak pindah ke Wanda Metropolitano, di mana Antoine Griezmann telah terlibat langsung dalam 86% dari mereka (enam, empat gol dan dua assist).

Bek Borussia Dortmund Achraf Hakimi telah membuat tiga assist di Liga Champions musim ini (semua melawan Atletico Madrid); sama banyaknya dengan Jordi Alba dari Barcelona.

Klasemen Grup A:
1. Borussia Dortmund      3     3     0     0     8     0     8     9
2. Atlético de Madrid         3     2     0     1     5     6     -1    6
3. AS Monaco                  3     0     1     2     2     6     -4    1
4. Club Brugge                3     0     1     2     2     5     -3    1