BREAKINGNEWS.CO.ID -  Ingin belanja dengan diskon besar-besaran? Tahan hasrat anda hingga Agustus nanti. Karena akan ada Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia. Kegiatan ini akan diluncurkan berbarengan dengan HUT RI dan Asian Games. HBD Indonesia adalah gawean Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Event ini bakal dihelat 8 Agustus – 2 September 2018. Diskonnya hingga 73%, atau seperti usia kemerdekaan RI. Diskon berlaku di seluruh Indonesia yang ada anggota HIPPINDO.

Tapi, tidak hanya diskon yang heboh. Konsep 73 juga diterapkan untuk banyak hal. Seperti harga Rp 73.000, juga harga khusus Rp 73.000 untuk pembelian tiga produk, diskon untuk mereka yang berulang tahun ke−73, dan lainnya.

Untuk menyukseskannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya bertemu langsung dengan Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah di kantor Kemenpar, Senin (2/7/2018). “Pada HBD, akan diberikan diskon besar-besaran dan memuaskan masyarakat yang akan belanja. Karena sekaligus untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan ViWI 2018. Kita tetapkan Kota Palembang menjadi host HBD Indonesia,” jelas Menpar Arief Yahya.

Hari Belanja Diskon ini akan dibuat besar-besaran seperti yang pernah dilaksanakan di Kota Jakarta pada tahun 2017 lalu. Lokasi pelaksanaan meliputi mall modern, lokasi ritel di ruko, lokasi ritel di ruang usaha yang berdiri sendiri, dan lokasi ritel di rest area, bandara, stasiun kereta. “Beruntung kita kalau acara seperti ini ada disini, sehingga ada destinasi untuk belanja dan kuliner. Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan dilakukan re-launching Tax Refund, sehingga lebih menarik bagi wisman untuk belanja di Indonesia," tambah Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi gelaran HBD Indonesia karena diselenggarakan di seluruh Indonesia, bukan hanya Jakarta dan Palembang walau gelaran Asian Games diadakan di dua kota tersebut. "Rekan kita dari daerah bisa lakukan dan merasakan potongan sama untuk beli barang yang sama. Biar ada rasa keadilan," kata Menpar Arief Yahya.

Sementara, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan menjadi festival belanja, kuliner, musik, hiburan ritel, terbesar Indonesia. Event ini akan diikuti lebih 200 perusahaan yang mengelola 500 merk lokal dan internasional di 50.000 outlet. "HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus. Sebelumnya tren belanja konsumen diperkirakan mengalami penurunan setelah Idul Fitri dan periode back to school juga telah berakhir, namun kini tidak lagi demikian," ucap Budiharjo.

Event ini, ditambahkan Budiharjo, secara kebetulan bertepatan dengan liburan musim panas di luar negeri. Sehingga diharapkan akan ada banyak wisatawan mancanegara yang ikut menikmati Hari Belanja Diskon Indonesia ini. Event tersebut juga sekaligus menjadi hadiah bagi ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

"Selain para ritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan kami terhadap UKM," pungkas Budiharjo.