BREAKINGNEWS.CO.ID -Direktorat IV Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan narkotika selundupan hasil tangkapan yang diperoleh dari jaringan internasional. Narkotika yang dimunaskan tersebut adalah, sabu seberat 177,5 kilogram dan 30.000 butir ekstasi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan ada 1,5 ton narkoba yang berhasil diamankan selama bulan Januari hingga Juni 2019.

Narkotika hasil tangkapan dari jaringan internasional dibakar di mesin Incenerator

"Ada 27 orang ditetapkan sebagai tersangka. Beberapa diantaranya merupakan warga asing," ujar Dedi Prasetyo didampingi Wakil Direktur IV Dittipid Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Krisno Siregar di Bareskrim Polri, Selasa (9/7/2019).

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan mesin incinerator. Pemusnahan narkotika dibagi 2 tahap, sabu 10 kilogram dimusnakan di Bareskrim dan sisanya dimusnakan di RSPAD.

Pemusnahan barang bukti narkotika disaksikan oleh pihak Kejaksaan dan Bea Cukai. Sebelum sabu dan ekstasi dimusnahkan, dicek ke asliannya oleh tim Puslabfor. Para tersangka dijerat Pasal 114 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun atau hukuman mati.