BREAKINGNEWS.CO.ID - Film yang diangkat dari kisah nyata dan diadaptasi dari novel remaja berjudul Dilan 1990 kembali mendapat penghargaan bergensi dalam ajang Indonesia Movie Actors Awards 2018 yang digelar pada Rabu 4 Juli 2018. Film fenomenal Dilan 1990 berhasil mencetak rekor baru lagi, dari 61 film yang mendaftar di ajang tersebut, Dilan 1990 berhasil memenangkan penghargaan sebagai film terfavorit.

Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla tersebut berhasil mengalahkan 11 film lainnya, yakni Critical Eleven, Kartini, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Night Bus, Pengabdi Setan, Posesif, Sekala Niskala, Susah Sinyal, Sweet 20, Turah dan Yowis Ben.

Keputusan tersebut berdasarkan tim juri yakni Salman Aristo, Lukman Sardi, Ifa Isfansyah, Robert Ronny, Marsha Timothy, Ario Bayu serta Marcella Zalianty sebagai ketua.

“Terima kasih buat kru film Dilan, dan tentunya penulis novel Dilan 1990 sehingga film ini ada, ayah Pidi Baiq. Terus buat semua Dilanisme, terima kasih buat dukungan kalian,” kata pemeran Dilan 1990.

Film Dilan 1990 sendiri dibuat berdasarkan adaptasi novel best seller karya Pidi Baiq. Film berawal dari Milea (Vanesha Prescilla) yang mem-flashback masa lalunya di 1990 saat bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) di sebuah SMA di Bandung. Perkenalan yang tidak biasa kemudian membawa Milea mulai mengenal keunikan Dilan lebih jauh.

Dilan pintar, baik hati dan romantis namun dianggap sebagai berandal karena aktif di geng motor terkenal di Bandung sebagai panglima tempur. Cara Dilan mendekati Milea yang tidak sama dengan teman-teman prianya lainnya. Bahkan Beni, pacar Milea di Jakarta, akhirnya membuatnya luluh.

Diketahui, sejak ditayangkan di layar lebar, film Dilan 1990 sukses menyita perhatian penonton Indonesia. Film arahan Fajar Bustomi ini berada di posisi puncak penonton terbanyak dengan 6.315.664.

Berdasarkan data dari filmindonesia.or.id, Dilan 1990 pun menempati posisi kedua penonton terbanyak setelah posisi pertama ditempati film yang rilis pada 2016, yakni Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1.