Jakarta - Finalis kontes kecantikan Miss Singapore 2017 dikritik netizen karna tampilan fisik mereka dinilai kurang merepresentasikan kontes kecantikan. Netizen juga menilai sebagian finalis dinilai kurang mewakili wanita Singapura karena sebagian besar kontestan wajahnya oriental.

Kritikan itu datang sesudah foto tidak resmi beberapa finalis Miss Singapore Beauty Pageant mengedar di dunia maya. Umumnya komentar yang menyerang fisik mereka begitu pedas serta mungkin saja menyakitkan untuk beberapa orang.

Menyikapi kritik tajam netizen, beberapa finalis Miss Singapore 2017 juga mulai bicara. Mengutip judul lagu Kelly Clarkson, 'What Doesn't Kill You Makes You Stronger', kritikan netizen memanglah menyakitkan namun tidak hingga membunuh mereka serta malah membuat ke-16 wanita ini jadi bertambah kuat.

Salah seseorang finalis bernama Tricia Koh menyebutkan kalau beberapa kontestan belajar untuk menjadi kuat serta menjadi orang yang tambah baik karena ditempa pengalaman yang menyakitkan. Menurut penasihal keuangan berumur 24 tahun ini, memanglah gampang untuk orang melemparkan kritik yang menyakitkan karena anonimitas di internet.

"Butuh banyak keberanian untuk seseorang wanita untuk berdiri di atas panggung serta membiarkan orang yang lain menilai mereka, " tutur Tricia, seperti diambil dari The Star.

Tricia termasuk juga satu diantara 16 finalis Miss Singapore Beauty Pageant yang memperoleh komentar negatif netizen, Selasa (12/7/2017), sesudah foto tidak resmi mereka di Miss Singapore Beauty Pageant mengedar. Finalis yang dipilih dari keseluruhan 60 peserta itu disebut 'jelek' bahkan juga 'menjijikan'.

"Kalian tidak disana serta tidak melihat kami tampil serta kalian ingin katakan bahwa kami tidak memiliki bakat atau pandai? Itu satu ketidakdewasaan, " kata finalis yang lain, Christina Cai, yang disebut mahasiswi LaSalle College of The Arts.

Finalis Queenie Sia yang berumur 17 tahun juga turut berkomentar. Menurut dia, kecantikan tidak selamanya dinilai cuma berdasar pada fisik. " Ini tentang mempunyai hati yang baik dan kepribadian yang baik, " papar mahasiswa ITE College East itu.

Foto beberapa finalis yang menyebar luas di internet, ditegaskan lagi oleh The Star bukanlah foto resmi Miss Singapore Beauty Pageant 2017. Foto itu diambil seorang saat tengah diadakan acara unjuk bakat serta fashion show di One KM mall.