BREAKINGNEWS.CO.ID - Perkembangan film di Tanah Air beberapa tahun belakangan mengalami peningkatan yang signifikan. Rumah produksi baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru saling berlomba menyuguhkan film yang berkualitas dengan berbagai macam cerita dan genre. Drama percintaan dan horor bisa dikatakan masih jadi pilihan utama, namun genre lain tak kalah menarik seperti komedi yang bisa jadi alternatif tontonan.

Seperti film karya sutradara Ody C. Harahap berjudul Siap Gan!, yang mengambil jalur berbeda dengan mengangkat tema nasionalisme. Bukan film nasionalisme yang digambarkan dengan kaku, melainkan digambarkan dengan balutan komedi dan dialog yang ringan. Terlihat dengan dialog yang diselipkan dengan jokes khas orang Jawa Timur khususnya dari Surabaya. Tak sekedar nilai nasionalisme, nilai kehidupan juga disuguhkan film karya Ody C. Harahap yang juga bertindak sebagai penulis.

Jika bicara film pastinya jangan lupakan para pemain yang membuat film ini hidup pastinya. Diwakili Rini Mentari dan Yama Carlos dalam press conference film Siap Gan! Kamis (6/9/2018) kemarin, keduanya berbagi cerita selama proses shooting.

Rini Mentari yang memerankan karakter Nina Pertiwi membagi pengalaman jika dirinya dan semua pemain harus merelakan kulitnya sedikit menghitam karena hampir 1 bulan penuh mereka dijemur di bawah sinar matahari untuk latihan baris berbaris demi kebutuhan shooting sebagai Paskibraka. Rini juga mengatakan bahwa ini pertama kalinya dirinya berperan sebagai pemeran utama terlebih dalam sebuah film layar lebar.

“Wajib item sama Om Ody,” ungkap Rini.

Ody sendiri sebagai sutradara sempat memberikan alasan terkait pemilihan pemeran utama wanita. Selain pernah bekerja sama dalam beberapa FTV, Rini Mentari menurutnya belum terikat dengan peran yang melekat pada dirinya, sehingga Rini bisa diarahkan menjadi peran apa saja dalam filmnya, Siap Gan!.

Yama Carlos yang berperan sebagai seorang tentara merasa mendapatkan tantangan baru sebagai seorang aktor. Sama halnya dengan pemain lainnya, Yama juga harus melakukan pelatihan baris berbaris selama 1 bulan. Bahkan harus rela bangun pada dini hari demi melakukan adegan di kawasan lumpur lapindo, Sidoarjo. Walau dirinya cukup kaget untuk scene tersebut tidak dimasukan ke dalam film.

Para pemain mengaku senang bisa menjadi bagian dalam film tersebut. Terlebih lagi pengalaman para pemain bisa merasakan menginap di hotel yang memiliki sejarah luar biasa. Yap, Rini cs bisa merasakan bagaimana menginap di Hotel Majapahit yang dulu bernama Hotel Oranje, yang terkenal akan peristiwa bendera di awal kemerdekaan Indonesia.

Siap Gan! sebenarnya sudah melakukan pengambilan gambar sejak 2016 lalu, karena beberapa hal penanyangannya harus tertunda hingga tahun 2018 ini. Tak hanya itu, jadwal penayangan yang seharusnya di bulan Agustus dan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia Ke-73 harus kembali mundur. Hal tersebut dikarenakan bertepatan dengan pesta olahraga terbesar Asian Games, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

Walau pun harus mundur dari jadwal, produser film Siap Gan! berharap semangat nasionalisme Asian Games masih ada. Sehingga penonton tertarik dengan film Siap Gan! yang juga mengangkat tema nasionalisme,