PALEMBANG - Pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel 2018 saat ini sudah memasuki tahap deklarasi. Namun hingga sekarang belum ada satu pasang calon pun yang telah memenuhi dukungan partai politik. Salah satunya yakni Herman Deru yang sudah mendapatkan dukungan resmi dari PAN dan Partai Nasdem. Nasdem langsung merestui dengan memasangkan Herman Deru dengan Mawardi Yahya. Meskipun belum ada pasangan kandidat yang memiliki dukungan yang lengkap, kandidat itu terus bergerilya dan melakukan safari politiknya dengan menjalin komunikasi dengan berbagai partai.

"Saya masih menunggu keputusan partai untuk memberikan dukungan secara resmi. Jadi partai yang belum mengeluarkan rekomendasi itu ada lima dan masih menjadi peluang siapa saja. Tapi saya optimistis pasti mendapatkan rekomendasi dukungan dan cukup 15 kursi," ungkap Herman Deru, Selasa (5/12/2017).

Ia bersama Mawardi Yahya saat ini baru mendapatkan 11 kursi dukungan, 6 kursi dari PAN serta 5 kursi dari Nasdem. Masih butuh empat  kursi lagi untuk bisa maju menjadi peserta Pilgub Sumsel. Untuk itu dirinya sudah menjalin komunikasi dengan lima partai lain yang belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi.

"Ada lima partai yang belum mengeluarkan rekomendasi sampai hari ini yakni Partai Demokrat, Partai  Gerindra, PKS, Partai Hanura, dan PDI Perjuangan. Lima partai itu dari DPP belum ada mengeluarkan rekomendasi dukungan secara resmi kepada siapa pun, minimal salah satu dari partai itu mendukung kami pasti sudah cukup," sambung mantan Bupati OKU Timur dua periode ini.

Selain itu Dodi Reza Alex yang sudah mendapat penugasan dari Partai Golkar hingga saat ini belum mendeklarasikan dengan siapa ia akan berpasangan dan melengkapi kursi di DPRD Sumsel. Sedangkan untuk kandiddat lain seperti Aswari Rivai dan Ishak Mekki masih bergerilya untuk mencari dukungan partai.