BREAKINGNEWS.CO.ID - Kalau kalian mudik ke Magetan, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Semuanya menawarkan keindahan yang tiada duanya. Sebagian juga menawarkan tantangan yang mendebarkan. Pasti seru dan sangat berkesan.

 Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Magetan dikenal memiliki banyak hasil home industri. Mulai dari kerajinan kulit seperti tas dan sandal, anyaman bambu, dan beragam kuliner. “Potensi daerah ini sangat banyak dan layak dikembangkan,” ujarnya, Jumat (24/5/2019).

 Melengkapi mudik Anda ke Magetan, berikut rangkuman destinasi wisata yang layak dikunjungi sesuai Program #PesonaMudik2019.

 1. Danau Sarangan

Danau atau Telaga Sarangan adalah wisata Magetan yang sangat populer. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak hal. Seperti mencoba wahana air atau kulineran. Di sekelilingnya terdapat pepohonan rindang yang membawa kesejukan. Belum lagi gunung-gunung yang menambah pesona Telaga Sarangan. Anda bisa mengunjungi destinasi ini di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

 2. Kampoeng Pinus Sarangan

Kampung ini menjadi salah satu destinasi liburan di Magetan yang layak untuk dikunjungi. Apalagi, suasana alam masih terjaga dengan baik. Anda akan melihat pohon pinus yang menjulang tinggi dan semua bangunan yang terbuat dari bahan bambu. Kampung pinus berada di Jl. Ngroto Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Di sini, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti bermain ATV, outbond, paintball, flying fox, dll.

 3. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari memiliki pesona yang menawan. Air terjun ini berada di Dusun Ngluweng, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah bentuknya yang bertingkat. Selain itu, pepohonan yang rindang juga ikut menyumbang kesejukan.

 4. Green Garden Magetan

Soal wisata alam, Magetan memang juara. Kabupaten yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini ternyata juga memiliki destinasi wisata agro. Sebut saja Green Garden Magetan. Anda bisa berlibur sambil berlajar. Di lokasi juga terdapat kebun bunga matahari yang sangat menarik sebagai lokasi foto. Green Gardn Magetan berada di Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro.

 5. Telaga Wahyu

Destinasi wisata ini berada di dekat Telaga Sarangan. Disebut juga dengan nama Wurung dan terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan. Memang masih lebih luas Sarangan, tapi Anda bisa liburan seru di sini. Apalagi, terdapat fasilitas berupa sepeda air untuk keliling danau. Bukit dan perkebunan warga menjadi pemandangan yang melengkapi keindahan danau indah di Magelang ini.

 6. Taman Genilangit

Lokasinya berada di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Cukup mudah diakses dari pusat kota. Banyak pengunjung yang datang setiap harinya, terutama ketika liburan akhir pekan. Taman Genilangit dilengkapi dengan berbagai fasilitas menawan. Yang paling menantang tentu saja adalah sepeda angkasa atau bersepeda di atas jalur ketinggian. Jangan khawatir mencoba, karena wahana ini dilengkapi dengan peralatan keamanan yang memadai.

 7. Puntok Geneng

Tempat wisata ini juga digandrungi banyak wisatawan, terutama generasi millenial. Wisata dengan latar belakang pegunungan ini memang mengagumkan. Lokasinya di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol. Puntok Geneng menawarkan spot-spot foto dengan pernak-pernik yang unik. Salah satunya adalah jalanan yang dicat warna-warni. Berjalan di sini seolah-olah sedang melewati pelangi.

 8. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park cocok dijadikan tempat berlibur saat mudik ke Magetan. Di sini terdapat berbagai wahana outbond yang seru. Anda tinggal memilih mana yang paling menantang untuk dilakukan. Selain itu, berbagai spot foto yang instagramable juga disediakan untuk pengunjung yang ingin menghabiskan moment. Langsung saja datang ke lokasinya di Jalan Raya Telaga Sarangan, Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan.

 9. Ujung Kulon

Ujung Kulon termasuk tempat liburan yang akan membuat Anda terkesan saat mudik ke Magetan. Sejauh mata memandang, terdapat hamparan bukit hijau dengan pohon-pohon di antara perkebunan. Wisata Magetan yang ada di Desa Janggan, Kecamatan Poncol ini dilengkapi dengan spot swafoto dan gardu pandang. Kemudian ada taman dan tempat untuk menikmati kuliner khas Magetan.

 10. Bukit Sekitran

Bukit Sekitran juga tidak boleh dilewatkan. Sesuai namanya, maka yang jadi suguhan utama adalah panorama sawah, kebun, dan gunung yang terlihat dari ketinggian. Untuk memuaskan para pengunjung, dibuatlah berbagai spot foto unik. Contohnya seperti gardu pandang dengan bentuk burung raksasa.