JAKARTA-Meraih tiga podium dengan mengoleksi 123 poin dan berada pada posisi ketiga klasemen sementara paruh musim pertama MotoGP 2017, membuat pembalap andalan tim Ducati Corse Andrea Dovizioso menjadi topik pembicaraan hangat di ajang adu cepat roda dua ini.

Menejer Ducati Corse David Tarddozi menyakini kalau Dovi adalah kandidat kuat dalam perebutan titel juara dunia MotoGp musim 2017 ini. Ducati mempunyai motor yang kompetitif dan ketramplian yang dimiliki Dovizioso membuat Tarddozi tidak ragu mengenai hal tersebut. Berhasil meraih kemenangan di seri Mugello, Italia dan catalunya, Barcelona membuatnya rider asal Italia ini layak dan patut di perhitungan dalam kompetisi kelas primer tersebut.

David Tarddozi

"Sejak Mugello, kami yakin musim ini bakal lebih baik, tapi kami tak menyangka bakal menang di Barcelona. Jadi Dovi memberi kami hadiah yang mengagumkan. Musim ini cukup menarik, dan Dovi layak mendapatkan banyak poin karena ia membalap dengan sangat baik," ujar Tardozzi kepada Motorsport-Total.

Dengan koleksi tiga podium, Dovizioso kini hanya tertinggal enam poin dari rider Repsol Honda, Marc Marquez yang ada di puncak klasemen, dan tertinggal satu poin saja dari rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales. Tardozzi pun berharap Dovizioso mampu bertahan di papan atas sampai akhir musim.

"Dovi punya mental yang kuat dan attitude yang tepat untuk menjadi juara dunia MotoGP. Toh ia merupakan juara dunia GP125 (2004). Tahun ini, balapan begitu sengit. Mentalitas jadi faktor penentu, dan kami yakin ia bisa menjadi salah satu kandidat terkuat untuk jadi juara," pungkas Tardozzi.