JAKARTA - Massa Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi demo di depan kantor Facebook, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2018). Mereka mendemo Facebook karena sejumlah akun ormas islam telah diblokir. Jubir FPI Slamet Maarif mengatakan, sebagian besar akun yang diblokir yaitu akun pribadi. Slamet mengatakan nama imam besar FPI Habib Rizieq Syihab dan Sekjen FUI Al-Khaththath juga diblokir. Selain itu, akun FPI dan sebagian akun lain, termasuk juga akun Presidium Alumni 212, diblok.

"Kebanyakan akun pribadi. Kalau dari ormas kan FPI dan pejuangnya kena semua, termasuk akun 212 kena. Kalau pribadi, akun Habib Rizieq, Kiai Khaththath, saya pribadi ada dua akun FB saya diblokir. Sampai sekarang tidak bisa dibuka," kata Slamet di depan kantor Facebook, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Atas pemblokiran tersebut, ia mengaku tidak mendapat pemberitahuan apapun dari pihak Facebook. "Nggak ada (pemberitahuan), langsung blokir aja. Dan itu sebelum reuni punya saya karena saya banyak memberikan kabar, gambar untuk ajakan 212 dan diblokir," ucapnya.

Massa sekarang ini tengah masuk ke gedung untuk menemui perwakilan Facebook. Mereka akan meminta penjelasan berkaitan pemblokiran yang dilakukan. Setidaknya, sudah ada 19 orang yang masuk bertemu pihak Facebook. Mereka didampingi Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin.