JAKARTA – Pemerintah kerajaan Monaco menghargai serta mendukung secara penuh peran penting Indonesia dalam menciptakan kestabilan di kawasan serta memelihara perdamaian internasional. Hal itu disampaikan Kepala Pemerintahan Monaco, H. E. Serge Telle, kala menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, AM Fachir di kediaman resminya, Jumat (1/12/2017) .

Sementara  itu, Wakil Menlu RI menjelaskan beragam upaya serta inisiatif Indonesia di kawasan seperti dalam isu Myanmar, Laut Cina Selatan, serta penurunan kemelut di semenanjung Korea. Ditekankan juga kalau gagasan tersebut dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan mandat konsitusi.

Dalam perbincangan keduanya juga sepakat akan pentingnya kerjasama global dalam memajukan isu kelautan dan lingkungan hidup seperti tertuang dalam rilis yang diterima  Sabtu (2/12/2017).

Wamenlu secara khusus menyampaikan penghargaan atas perhatian serta gagasan Kepala Negara Monaco, Pangeran Albert II, dalam memperkuat kerjasama lingkungan di Indonesia. Kepala Pemerintahan Monaco juga menyambut baik undangan Indonesia untuk hadir dalam Our Ocean Conference yang juga akan digelar di Bali pada bulan Oktober 2018.

Sebagai penutup, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama di sektor ekonomi serta perdagangan. Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Monaco pada tahun 2016 sebesar USD 867 ribu atau sekitar 11.7 miliar rupiah dengan surplus pada Indonesia sebesar USD 127.7 ribu atau sekitar 1.7 miliar rupiah. Komoditas ekspor Indonesia ke Monaco berupa pulp atau hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat dan kertas, kayu olahan, tekstil, kulit, besi baja, mesin serta suku cadang otomotif.