Cornwall--Bloodhound SSC, mobil asal Inggris yang dirancang untuk melaju dalam kecepatan 1.000 mph (1.610km / jam) akan membuat penampilan publik pertamanya di Cornwall.  Mobil ini akan melakukan percobaan "slow-speed" awal dan harus mencapai kecepatan sekitar 200mph (320km / h) di landasan pacu di Bandara Newquay.

Diinisiasi oleh Komandan Wing RAF Andy Green, mobil tersebut bertujuan untuk memecahkan rekor kecepatan darat dunia pada 2019. Pemecahan rekor Ini akan berlangsung di jalur khusus yang telah disiapkan di atas lakebed (danau) kering di Northern Cape, Afrika Selatan.

"Ini tentang menunjukkan kepada dunia tentang siapa kita," kata Wing Commander Green. "Kami telah merancang dan membangun mobil yang akan memegang rekor kecepatan darat yang paling luar biasa, canggih, berkinerja tinggi dalam sejarah. Mobil, akan melaju 0-200mph (320 km/jam) dalam waktu sekitar delapan detik. Untuk kendaraan seberat lima ton - ini merupakan pertunjukan yang sangat mengejutkan," katanya kepada BBC.

Tepatnya 20 tahun sejak pria RAF mengemudikan kendaraan SSH bertenaga jet yang melewati kecepatan suara di gurun Nevada Amerika untuk mendaftarkan rekor kecepatan 763mph (1.227km / jam).

Bloodhound SSC akan berusaha memecahkan rekor kecepatan di darat.



Mesin barunya mendapatkan keuntungan dari dua dekade peningkatan teknologi dan akan mendapat bantuan tidak hanya dari mesin jet Eurofighter-Typhoon mutakhir namun juga dorongan motor roket.

Bloodhound menjadi contoh pertama untuk mendorong catatan kecepatan di atas 800mph, tapi kemudian akhirnya mencapai kecepatan yang tak seorang pun ingin menyamainya.   Mobil ramping dan berbentuk panah itu telah memakan waktu sekitar 9 tahun untuk dikembangkan dan masih menunggu motor roketnya di Norwegia.

Meskipun demikian, sekarang mobil itu ada pada tahap di mana ia dapat memulai uji coba kecepatan lambat, untuk menguji kinerja unit daya Eurofighter, dan untuk menjalankan aturan mengenai kemudi kendaraan, rem, suspensi, dan sistem elektronik.

Panjang landasan pacu Newquay (1,7 mil / 2,7 km) sangat membatasi kecepatan yang dapat dicapai Bloodhound sebelum mengerem dan berhenti dengan aman. Namun, ribuan penonton yang melihat masih harus merasakan potensi mobilnya.