BREAKINGNEWS.CO.ID - Sekitar 100 lebih selebritas papan di Indonesia yang pada Pilpres 2019 lalu mendukung Paslon 01, diundang ke Istana Bogor, Rabu (17/7/2019). Pertemuan tertutup antara Presiden Joko Widodo dengan lebih dari 100 pekerja seni  itu berlangsung tertutup.

Dalam kesempatan kali ini, Jokowi dikabarkan ingin mengapresiasi para pekerja seni yang selama Pilpres 2019 sudah mendukung dirinya. Menurut Oppie Andaresta, salah satu penyanyi yang diundang dalam pertemuan menyatakan  mereka berdialog secara hangat.

"Seperti apresiasinya bapak, ada seniman, musisi, penyiar radio. Kami-kami yang waktu kampanye, kita juga ikut membantu. Kemarin saya bikin dua  lagu untuk kampanye. Ketika sudah selesai dan menang, Bapak mengapresiasi apa yang sudah kita lakukan, kemudian kita diundang untuk silaturahim halalbihalal," kata Oppie.

Ia menyebut, dalam pertemuan itu, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para selebritas yang telah mendukungnya bersama Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Jokowi juga menyatakan, ia akan melahirkan kebijakan-kebijakan yang membantu para pekerja seni.

"Pak Jokowi berjanji di periode keduanya ini dia akan semakin all out. Betul-betul, dia bilang ada dana abadi untuk kebudayaan. Detailnya belum dan itu baru tahun depan," kata Oppie.

Selain itu Jokowi juga berjanji mengalokasikan dana abadi kebudayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.  "Jadi kalau itu kan baru akan dimulai tahun depan bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak Presiden disisihkan," ujar Yovie Widiyanto, musisi dari grup Kahitna.

Namun, menurut Yovie, mekanisme pengelolaan dana abadi kebudayaan tersebut belum dibahas secara detail dalam pertemuan tadi. "Memang belum terlalu detail sih sebenarnya umum. Sangat umum, jadi bahwa mekanismenya lewat apa dengan cara seperti apa," kata dia.

Yovie menyambut baik dana abadi kebudayaan yang akan dialokasikan ini. Menurut dia, tersedianya dana abadi ini akan mendukung kreativitas para pekerja seni serta perkembangan industri kreatif. "Itu bisa membuat bertambah power untuk Indonesia kreatif tentu itu harus disambut baik oleh kita," kata dia.

Sementara itu, Farhan, presenter sekaligus anggota DPR RI terpilih 2019-2024, mengatakan bahwa dana abadi kebudayaan yang akan dialokasikan cukup besar. Namun, ia enggan menyebut berapa jumlah anggaran yang disiapkan pemerintah itu.

Dalam kesempatan tersebut terlihat  hadir selebritas seperti Yovie Widianto, Marcell Siahaan, Charles Bonar Sirait, Farhan, dan Regina Idol.