BREAKINGNEWS.CO.ID - Bojonegoro dikenal sebagai daerah yang memiliki budaya cukup unik. Serta, masih teguh menjaga warisan nenek moyang. Salah satunya yakni budaya masyarakat Samin berupa kesederhanaan, keterbukaan, keikhlasan, dan menjaga keseimbangan alam. Letak suku Samin tidak jauh dari Kota Bojonegoro. Tepatnya, di Dukuh Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo.

Selain adat budaya dan tradisinya yang masih dijunjung tinggi, wilayah yang mendapat julukan Kota Angling Dharmo ini juga mempunyai segudang tempat wisata yang menunggu untuk dikunjungi. Tak salah jika destinasi Bojonegoro juga masuk dalam Program #PesonaMudik2019.

 “Mudik ke Bojonegoro berarti siap berwisata ke tempat-tempat keren dan instagramable. Kapan lagi bisa berwisata seru dengan keluarga selain saat mudik? Apalagi, Bojonegoro menyimpan banyak keindahan alam,” kata Menpar Arief Yahya, Jumat (24/5).

 Untuk mempermudah Anda menemukan destinasi favorit di Bojonegoro, berikut 10 tempat wisata menarik yang sudah dirangkum Tim #PesonaMudik2019.

1. Kayangan Api

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Kayangan Api. Sangat terkenal di Bojonegoro. Kayangan Api adalah sumber api alam yang tidak pernah padam dan menjadi sumber api paling besar di wilayah Asia Tenggara.

Lokasi Kayangan Api menjadi tempat yang sakral dan dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat di mana Mbah Kriyo Kusumo (Mpu Supa) atau Mbah Pandhe dari Kerajaan Majapahit bersemayam. Kayangan Api berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

 2. Negeri Atas Angin

Destinasi wisata ini terletak di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Dari sini, Anda bisa memandang luas wilayah Bojonegoro dari ketinggian. Jika sempat camping di Bukit Cinta, Anda dapat menikmati indahnya sunrise. Negeri Atas Angin juga menjadi tempat yang sangat direkomendasikan sebagai lokasi foto prewedding. Banyak spot foto yang disediakan pengelola, sehingga Anda pun akan puas selfie di sini. Berminat?

 3. Air Terjun Kedung Maor

Salah satu wisata air terjun yang ada di kawasan Bojonegoro adalah Air Terjun Kedung Maor. Tempatnya masih alami, dikelilingi oleh hutan jati serta air sungai bening. Objek wisata ini akan ramai dikunjungi wisatawan ketika liburan atau bulan Ramadhan seperti sekarang. Air Terjun Kedung Maor berada di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

 4. Wana Tirta Dander

Berkunjung ke objek wisata Wana Tirta Dander, Anda dapat menyaksikan pesawat yang dibuat oleh Belanda, yang dulu jatuh di objek wisata ini. Dander tak hanya ramai dikunjungi warga sekitar, tetapi juga wisatawan dari luar Bojonegoro. Daya tarik lain dari kawasan Dander adalah keindahan alam yang mempesona dan suasananya yang nyaman. Wana Tirta Dander berada di Desa Dander, sebelah selatan Bojonegoro.

 5. Sendang Grogolan

Keunikan yang paling kentara dari sendang ini adalah ketika musim kemarau sumber airnya justru semakin deras. Sedangkan saat musim hujan, sumber air menjadi surut. Lokasi sendang grogolan begitu rindang dan sejuk. Cocok sekali untuk menikmati liburan bersama keluarga. Di sini, Anda bisa mandi, berendam, dan tubing. Sendang Grogolan berada di selatan Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di Dusun Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

 6. Watu Gandul

Destinasi wisata Watu Gandul sudah terdafatar pada UNESCO sejak 2016 silam. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin melihat bagaimana batu-batu berukuran raksasa seolah ditata dengan rapi di daerah perbukitan. Sulit membayangkan kalau batu-batu besar ini sengaja ditata oleh manusia, apalagi akses menuju tempat ini amatlah sulit. Watu Gandul berada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro.

 7. Waduk Pacal

Waduk Pacal atau Bendungan Pacal adalah bendungan yang pembangunannya dilakukan saat masa penjajahan Belanda berlangsung, yaitu pada tahun 1933. Waduk ini dikelilingi perbukitan hijau, hutan jati, serta airnya yang melimpah. Lokasinya 35 km sebelah selatan Kota Bojonegoro. Fasilitas yang tersedia antara lain kolam pemancingan, penginapan, warung dan restoran, serta perahu dayung. Waduk Pacal berada di Desa Pacal, Bojonegoro.

 8. GoFun Theme Park

GoFun Theme Park adalah salah satu destinasi wisata berwahana terbesar di Bojonegoro. Lokasinya di Jl. Veteran Bojonegoro (depan Terminal Bus Bojonegoro). GoFun dibangun pada lahan 5,3 hektare. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana menarik, antara lain Rumah Jagal, Junggle Safari, Petualangan Hutan Fantasi, Rumah Bencana, Kereta Koboi, Rodeo, Dermolen, Tarian Ubur-ubur, dan games lainnya.

 9. Teksas Wonocolo

Tempat wisata ini menawarkan konsep wisata menyerupai Texas di Amerika Serikat. Wisata bertema minyak bumi ini terletak di Desa Wisata Geopark Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Di tempat ini terdapat sekitar 250 sumur minyak bumi. Apabila Anda ke lokasi ini, mungkin akan heran mengapa spelling nama lokasi ini ‘Teksas’, bukan ‘Texas’. Menurut warga sekitar, Teksas adalah akronim dari ‘Tekad Selalu Aman dan Sejahtera’.

 10. Bukit Tono

Salah satu tempat wisata yang instagramable di Bojonegoro adalah Bukit Tono. Letaknya di Dusun Kadung, Desa Sambungrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Bukit Tono menawarkan spot foto yang romantis, sangat cocok untuk menambah koleksi foto pribadi. Nama Tono kabarna diambil dari nama seseorang yang dahulu menjadi pemilik ladang di bukit ini.