BREAKINGNEWS.CO.ID - Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) kembali terjadi pada Kamis (11/10/2018), tepatnya di wilayah Pulau Buru Selatan Maluku. Meski cukup kuat, gempa yang terjadi pukul 11.55 WIT tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di 4.95 LS dan 126.71 BT atau 135 KM Tenggara Buru Selatan di kedalaman 10 Km.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai tingkat getaran yang dirasakan masyarakat setempat maupun dampak kerusakan akibat gempa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa Maluku termasuk salah satu daerah yang rentan dan rawan terjadi bencana alam berupa gempa tektonik yang dapat menimbulkan kerusakan berat, termasuk terjadinya tsunami.

Pemkab Buru Selatan maupun BPBD Maluku belum memberikan penjelasan soal dampak gempa tersebut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa Maluku termasuk salah satu daerah yang rentan dan rawan terjadi bencana alam berupa gempa tektonik yang dapat menimbulkan kerusakan berat, termasuk terjadinya tsunami.

Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa Maluku termasuk salah satu daerah yang rentan dan rawan terjadi bencana alam berupa gempa tektonik yang dapat menimbulkan kerusakan berat, termasuk terjadinya tsunami.

Sebelumnya, gempa juga terjadi di wilayah Buol, Sulawesi Tengah pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.34.24 WIB.

Hingga pukul 08.00 WIB, telah terjadi 14 gempa susulan di wilayah Situbondo dan sekitarnya. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Gempa dengan kedalaman 12 Km itu tidak berpotensi tsunami. Selain dirasakan warga Situbondo, gempa juga terasa hingga sebagian wilayah Jawa Timur bagian timur, Madura, hingga Bali.