JAKARTA - Penyanyi yang juga pencipta lagu, Laurentius Suferdi Abuk musisi asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NNT) menceritakan awal karirnya di dunia musik. Diumur 12 tahun, Laurent begitu sapaan akrabnya telah memulai belajar musik meskipun secara otodidak yang menyeluruh, mulai dari penguasaan nada hingga ke pembuatan lagu. Ia mengaku, dalam penguasaan musik ia membutuhkan waktu selama 3 tahun. Berawal dari menggunakan alat musik Gambus, hingga kini ia mengaku sudah mengusai beberapa alat musik lainnya dianntaranya gitar dan orgel (orgen). Berkat usaha kerasnya tersebut, pada 2004 lalu ia berhasil melahirkan album perdananya. Hingga kini, sedikitnya ia telah melahirkan sebanyak 6 album dalam karirnya di dunia musik.

Dalam lagu yang telah diciptakannya, banyak menceritakan pengalaman pribadi dalam kehidupannya. Tak hanya itu, lagu bertemakan cinta pun tak lepas dari lagu di setiap album yang telah dilahirkannya. "Lagu-lagu yang sering saya buat itu pada umumnya menyangkut diri saya serta keadaan saya dan khususnya bagi orang-orang yang mengalami kegagalan dalam hubungan percintaannya," ungkapnya saat 10 Minutes Interview bersama Breakingnews.co.id, Rabu (4/4/2018) siang.

Saat disinggung terkait album perdananya, pria kelahiran tahun 1985 ini menjelaskan soal peluncuran album pada 2004 silam. Album yang diberi nama 'Rayati' itu bermakna niat dan tujuan untuk meraih kesuksesan. "Rayati itu berarti niat dan tujuan untuk meraih kesuksesan dalam berkarya," katanya.