BREAKINGNEWS.CO.ID - Agar mampu mengimbangi perkembangan pola aktifitas generasi milenial. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus meningkatkan layanan zakat digital. Tujuannya antara lain  untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menunaikan kewajibannya yakni berzakat, juga infak, dan sedekah, khususnya terhadap kalangan generasi muda yang sekarang lebih akrab dengan medsos dan seluk beluk teknologi informasi.

Manajer Penghimpunan Digital BAZNAS, Hafiza Elvira Nofitariani mengatakan, BAZNAS terus meningkatkan pelayanan, dengan memanfaatkan teknologi, layanan zakat digital ini membantu masyarakat dalam menunaikan ibadahnya.

"Layanan Zakat Digital BAZNAS memberikan kemudahan masyarakat yang memiliki kesibukan tersendiri dan belum memiliki waktu luang untuk menunaikan zakatnya," kata Hafiza dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Plaza Semanggi. Sabtu, (25/5/2019).

Ia menambahkan, umat Muslim yang ingin menunaikan zakatnya melalui layanan digital BAZNAS, bisa mengunjungi halaman baznas.go.id/bayarzakat.

Hafiza menjelaskan, dalam laman tersebut, masyarakat bisa memilih untuk menunaikan infak, atau zakat mal, fitrah, ataupun penghasilan. Hanya dengan mengisi nama lengkap, nomor telepon, dan email, kemudian tinggal pilih metode pembayaran melalui transfer antar bank, atau GO-PAY.

Dalam pilihan pembayaran, masyarakat juga bisa menggunakan layanan PayPal ataupun pindai menggunakan QR Code dari layanan dompet digital seperti, LinkAja, GO-PAY, atau OVO.

Untuk menghitung besaran zakat yang harus ditunaikan, bisa melalui baznas.go.id/kalkulatorzakat. Dalam layanan zakat fitrah, BAZNAS telah mengumumkan untuk besarannya adalah Rp40 ribu.

"Zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul akan disalurkan oleh BAZNAS kepada para mustahik sesuai syariat yakni 8 asnaf. Tidak hanya melalui penyaluran bantuan secara langsung, BAZNAS juga menyalurkannya melalui program-program pemberdayaan mustahik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial dakwah," kata Hafiza.