BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan lembaga lainnya untuk melakukan evaluasi atas pertumbuhan ekspor nonmigas yang belum berjalan sesuai target. 
 
Hal tersebut diutarakan Bambang menyikapi target pertumbuhan ekspor non-migas di tahun 2018 yang hanya mencapai 7,47 persen, dari target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 11%. 
 
"Sehingga dapat mencari solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor di tahun 2019," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/1/2019). 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Kemendag untuk membuat kebijakan yang dapat membantu pelaku usaha dalam mendapatkan bahan baku industri utamanya dari dalam negeri, serta menyesuaikan hasil produksi sesuai dengan standar internasional. 
 
"Sehingga pelaku usaha dapat meningkatkan jumlah hasil produksi dan nilai ekspor," jelasnya. 
 
Selain itu Bambang mendorong Kemendag untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh izin ekspor bagi para pelaku usaha. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kemendag, Kemenperin, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mengoptimalkan pelayanan investasi dengan mempermudah penanaman modal.
 
"Agar mampu menarik minat investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia sehingga dapat meningkatkan produksi industri dalam negeri dan nilai ekspor," tegasnya.