BREAKINGNEWS.CO.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh, berharap para anggota legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang baru saja dilantik dapat menyuarakan kepentingan pemuda Indonesia.

“Kami berharap dari wakil rakyat usia muda ini agar menyuarakan kepentingan pemuda, menyusun legislasi yang berpihak pada dorongan partisipasi kaum muda,” kata Asrorun Niam Sholeh di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Pernyataan tersebut disampaikan Asrorun dalam Peluncuran Bulan Pemuda 2019 sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang jatuh pada 28 Oktober 2019 mendatang.

Peluncuran tersebut ditandai dengan silaturahmi tokoh legenda pemuda, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian logo, tema, serta rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan pemuda. Tidak hanya itu, turut hadir juga Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, mantan Menpora periode 2013-2104 Roy Suryo, serta penyanyi religi Islam Indonesia, Haddad Alwi.

Lebih lanjut, Asrorun menuturkan momentum bulan pemuda ini bersamaan dengan pelantikan anggota DPR RI, di mana dari 575 anggota terdapat sekitar 20 orang anggota yang berusia muda di bawah 30 tahun.

“Tentu ini perlu diapresiasi walaupun dari sisi persentase seharusnya mencapai 26 persen minimal setara dengan jumlah kaum muda indonesia usia 16-30 tahun yang mencapai 62 juta atau setara 26 persen,” ujar Asrorun.

Bulan Pemuda 2019 mengusung tema “Bersatu Kita Maju” sebagai simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan nasional bangsa yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Bulan Pemuda yang dicanangkan Kemenpora itu akan diisi oleh beberapa kegiatan di antaranya apresiasi pemuda berprestasi, anugerah kota layak pemuda, lomba essay kepemudaan, dan pekan pemuda kreatif.