JAKARTA - Tanggal peluncuran Andoid P kian mendekati waktunya. Seiring dengan hal itu  banyak rumor yang berdatangan. Salah satunya adalah fitur baru yang dihadirkan Google dalam Android P. Dalam sebuah bocoran informasi terbaru, disebutkan bahwa OS ini akan hadir dengan fitur yang mampu mengubah smartphone menjadi keyboard maupun mouse untuk PC dengan konektivitas Bluetooth.

Seperti yang dilansir dari Tech Radar, Rabu (7/3/2018), informasi tersebut diketahui dari unggahan Evan Blass beberapa waktu lalu, yang pertama kali mengabarkan mengenai kemunculan versi Android P melalui akun di jejaring sosial, Twitter. Para programmer di XDA Developer sudah sibuk mengoprek dan mencari aneka kode baru di calon sistem operasi mobile mendatang dari Google itu.

Google bakal menyematkan dukungan Bluetooth HID (Human Interface Device) di Android P. Artinya, para pengguna OS tersebut mungkin bakal bisa memfungsikan perangkatnya sebagai mouse atau keyboard nirkabel via Bluetooth untuk komputer desktop. Pengguna Android sebelumnya bisa memakai perangkat sebagai mouse atau keyboard, namun harus melakukan proses rooting, lalu mengunduh aplikasi Bluetooth Plus. Barulah kemudian pengguna bisa memilih aneka aplikasi mouse dan keyboaard dari Play Store, untuk menyulap ponselnya menjadi alat input komputer tersebut.

Dengan diaktifkan langsung secara default di Android P, pengguna perangkat berbasis OS tersebut nantinya tak perlu repot-repot melakukan rooting apabila ingin memfungsikan gadget sebagai mouse atau keyboard wireless.

Lalu, untuk apa pula menggunakan perangkat seperti ponsel sebagai mouse dan keyboard? kemampuan ini bisa berguna untuk beberapa kebutuhan. Misalnya saja, ketika ingin membawakan presentasi, pengguna bisa menggenggam ponsel Android untuk menggantikan fungsi mouse. Ponsel juga relatif lebih praktis ketimbang mouse atau keyboard untuk mengendalikan PC yang difungsikan sebagai media center.

Namun demikian, fitur yang bersangkutan belum tentu benar-benar akan hadir di Android P versi final nanti. Seperti apa implementasinya pun masih belum jelas. Namun Android P kabarnya hadir dengan fitur-fitur yang cukup mumpuni. Salah satunya, Android P bakal memiliki kemampuan soal keamanan. Sistemnya bakal mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel. Beberapa hal akan dilakukan ketika ada sebuah malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya. Fitur keamanan ini diharapkan bisa melindungi dari malware yang bisa merekam aktivitas secara diam-diam.