JAKARTA - Raksasa e-commerce Cina Alibaba Group telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah menguji teknologi mobil otonom miliknya. Mereka sedang mencari 50 orang baru yang ahli dalam teknologi mobil otonom. Seperti dilansir dari Silicon Republic, Senin (18/4/2018), Pesaing terbesar Alibaba, Baidu dan Tencent, juga telah mulai menguji teknologi mobil otonom. Bulan lalu, Baidu mendapatkan izin dari pemerintan Tiongkok untuk mulai menguji teknologinya di jalan-jalan ibukota.

Sementara itu, dilaporkan, Tencent telah menguji salah satu mobil otonomnya untuk berkendara di jalan tol Beijing. Menurut South China Morning Post, yang dimiliki oleh Alibaba, perusahaan raksasa itu telah melakukan pengujian mobil otonom di jalan secara rutin sejak beberapa waktu lalu dan mereka telah siap untuk melakukan pengujian di jalan biasa.

Alibaba ingin mengembangkan mobil otonom Level 4. Itu artinya, mobil tesrebut bisa beroperasi secara mandiri dalam beberapa skenario tanpa bantuan turun tangan manusia. Sebelum ini, Alibaba juga telah bekerja sama dengan SAIC Motor dan Dongfeng Peugeot Citroen untuk melengkapi mobil-mobil mereka dengan sistem operasi AliOS.