BREAKINGNEWS.CO.ID - Indonesia menjadi negara yang terpilih sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Semangat event olahraga yang terbesar dan termegah di Asia ini turut dimeriahkan dengan nuansa musik pengiring. Untuk Asian Games ke-18 ini, theme song yang dipilih Indonesia akan mengangkat tema 'Energi of Asia'.

Beberapa musisi hebat tanah air pun sudah ditunjuk panitia untuk menyemarakkan dan menyalurkan energi Asian Games 2018 lewat musik mereka. Musisi-musisi ini terdiri dari penyanyi solo sampai grup band. Musik yang ditawarkan juga beragam, tidak hanya genre pop saja, tetapi ada EDM yang saat ini sedang digandrungi hingga musik dangdut yang dibawakan penyanyi Via Vallen.

Para musisi tersebut antara lain Afgan, Anji, Armada, Ariel Noah, Bunga Citra Lestari, Cakra Khan, Dea, Dipa Barus, Dira Sugandi, GAC, Isyana, Jflow, NEV+, Once Mekel, Shakira, Slank, Via Vallen dan gabungan artis dalam Energy 18. Mereka semua dikordinasikan oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) melalui perusahaan rekaman yang menjadi anggotanya.

Peluncuran Official Song album Asian Games 2018 Energi of Asia turut dihadiri ketua Pelaksana Asian Gemes 2018, Erick Thohir, Ketua Umum ASIRI, Gumilang Ramadhan, dan musisi yang turut memeriahkan Asian Games sebagai pengisi theme song, seperti Rian D’Masiv, Rizal Armada, Once Mekel, Nev Plus, Shakira Jasmine, dan Jflow.

"Senang sekali panitia Inasgoc dibantu dari musisi-musisi, event Asian Games ini event kita semua, karena itu keterlibatan musisi, seniman, dan juga ada ekonomi inpack nya, semoga bisa terjadi tidak hanya di Spotify, RBT jadi ada perputaran uang dan yang menjadi penting ini menjadi promosi lagu Indonesia di dunia, kita sudah membuat trobosan, saya kembali lagi sangat bangga dan terharu panitia Asian Games semakin besar, karena bagian mendorong promosi impact yang kita harapkan," ujar Erick Thohir di Ruang Serbaguna Aquatic Center, Jakarta, Jumat (13/6/2018).

Gumilang Ramadhan selaku ketua umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengatakan bahwa Asian Games 2018 adalah sebuah event yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Asian Games 18 bukan hanya milik pemerintah dan panitia saja, tapi seluruh rakyat Indonesia.

"Kami atas nama pemusik Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Inasgoc bisa berpartifipasi di acara ini, karena kami sadar ini acara terbesar di Indonesia, lagu-lagu yang ada di album ini kami sempat putarkan, jadi karena kita mau tampilkan kepada orang-orang," ujar Pak Gumilang Ramadhan.

Salah satu penyanyi yang mengisi album yamg hadir dalam Peluncuran Official Song album Asian Games 2018 Energi of Asia, Rizal Armada mengatakan sangat bangga menjadi salah satu pengisi sountrack, band Armada membawa lagu berjudul “Bukan Anak Kemarin Sore”.

"Alhamdulilah Armada dikasih kesempatan dan kepercayaan menjadi pengisi sountrack Asian Games 2018, banyak faktor, cuma Armada besarnya di Palembang, kebetulan Asian Games dilakukan di Jakarta dan Palembang, jadi selama ini setiap acara yang dilakukan di Palembang, Armada selalu tampil,” ujar Rizal Armada.

Dalam salah satu lagu Asian Games 2018 berjudul “Bright As The Sun” yang diciptakan penyanyi Rian D’Masiv ini dinyanyikan oleh 18 penyanyi Indonesia lintas genre yang menamakan dirinya “Energy 18”. Mereka adalah Ariel Noah, Rian D'MASIV, Cakra Khan, Iman Jrocks, Delon, Sheryl Sheinafia, Ikke Nurjanah, Tantri Kotak, Anji, Cita Citata, Virzha, Pia Utopia, GAC, Rossa, Afgan, Rizal Armada, Naga Lyla dan Once Mekel.

Lagu ini diciptakan 1 hari sebelum acara hitung mundur 100 hari (countdown) Asian Games 2018. Rian D’Masiv mernyumbang dua lagu untuk Theme Song Asian Games, Bright As The Sun dan Menaklukan Dunia yang dibawakan musisi Once feat Shakira Jasmine.

“Lagu itu terjadi 4 hari sebelum countdown nya Asian Games, waktu itu pas D’Masiv lagi tur, waktu itu ditanya untuk membuat theme song Asian Games, karena ini Asian Games jadi saya bilang bisa, karena ini salah satu kontribusi untuk negara, alhamdulilah dengan waktu yang sangat mepet, dua hari sebelum Countdown Asian Games lagunya udah jadi,” ujar Rian D’Masiv.

Penyanyi Once Mekel mengucapkan suatu kehormatan dapat menjadi bagian dari Asian Games untuk menyanyikan satu lagu yang diciptakan Rian D’Masiv.

"Saya bisa dikasih kesempatan membawakan lagu, waktu itu saat ditanya  oleh pak Gumilang untuk membawakan lagu berjudul Menaklukan Dunia, bersama Shakira, saya gak pernah ketemu dia sebelumnya, hasil nya saya dengar, semoga lagu iniIbisa membawa suasana Asian Games, baik bagi atlet dan para penonton yang antusias, semoga album ini," ujar Once.