JAKARTA – Honda Racing Copuration (HRC) secara resmi menunjuk Alberto Puig untuk mengantikan posisi Livio Suppo sebagai team  manajer  Repsol Honda MotoGP. Piug pun akan mengemban tugas barunya itu pada tes pramusim 2018 yang akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 28-30 Januari mendatang.

Puig bukanlah nama asing di dunia balap motor. Sebagai pebalap, ia pernah memenangi balapan GP Spanyol 500cc pada 1995. Ia juga berjasa mengorbitkan beberapa pembalap top ke MotoGP, di antaranya Dani Pedrosa, Casey Stoner, dan Toni Elias. Dan sebagai Penasihat HRC, peran terakhir Puig adalah menjabat Direktur Asia Talent Cup (ATC) dan British Talent Cup (BTC).
Dalam jabatan barunya sebagai Team Manager untuk Repsol Honda Team, Puig akan melapor langsung ke HRC Director-General Manager Race Operations, Management Division, Tetsuhiro Kuwata. Ia dan Technical Manager, Takeo Yokoyama akan bertanggung jawab atas operasi balap.

“Saya sangat berterima kasih kepada HRC atas kesempatan yang mereka berikan dengan Repsol Honda Team. Saya sudah bersama Honda selama 25 tahun terakhir dalam karier profesional, pertama sebagai pebalap, kemudian manajer tim di kelas lebih kecil, dan belakangan sebagai pelatih bagi para pebalap Asia yang dimiliki Honda di seluruh dunia,” papar Puig, seperti yang dilansir oleh Motorsport, Jumat (12/1/2018).

“Untuk memiliki kesempatan berada di posisi ini, di salah satu tim paling sukses di kejuaraan MotoGP merupakan sebuah kehormatan yang sangat besar bagi saya. Jadi, saya hanya bisa fokus memberikan yang terbaik kepada Honda dan mencoba membantu mereka mencapai tujuan. Saya yakin pebalap kami akan siap saat waktunya tiba, dan kami sebagai tim juga akan siap sekali lagi memperebutkan gelar. Tidak hanya dengan kerendahan hati, tapi juga dengan tekad yang besar,” ungkapnya.