BREAKINGNEWS.CO.ID  - Setelah melalui pembahasan cukup panjang bersama anggota DPRD DKI Jakarta akhirnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional di Taman BMW, Tanjung Priok-Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pembangunan stadion sepak bola itu ditargetkan selesai selama dua tahun. Ia pun berterimakasih pada seluruh pihak karena melalui proses lama lahan tersebut bisa digunakan Pemprov DKI Jakarta memenuhi fasilitas olahraga.

“Hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan dan membanggakan bagi kita semua. Hari ini Jakarta memulai babak baru di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia,” terang Anies.

Lahan dengan luas 221.000 m2 nantinya bisa menampung hingga 82.000 penonton dan dipastikan seluruh fasilitas mulai dari kursi penonton, parkir kendaraan hingga toilet ramah disabilitas. “Khusus kepada kelompok difabel dengan menyediakan 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan bahwa proses persiapan dan pengembangan lahan proyek telah hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu tiga pekan setelah kick off. Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum. PT Jakpro sebagai BUMD Pelaksana Penugasan Pembangunan Jakarta International Stadium melalui Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjuk BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menangani proyek stadion sepak bola bertaraf internasional ini setelah melalui pembahasan cukup alot dengan DPRD DKI Jakarta. Untuk pembangunannya sendiri, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan anggaran sebanyak Rp4.5 triliun.