BREAKINGNEWS.CO.ID - Ivan Kolev resmi menjadi pelatih Persija Jakarta pada 15 Januari 2019. Pria asal Bulgaria itu telah melakoni lima pertandingan bersama Persija di berbagai ajang. Teraktual, Persija berlaga di leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia melawan TIRA-Persikabo di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Kamis (21/2/2019). Hasilnya, Macan Kemayoran berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0. Dengan begitu, Persija berhak lolos ke babak perempat final karena unggul agregat 4-2.

Menariknya, laga ini merupakan pertama kali bagi Ivan Kolev dan Persija tampil tanpa kebobolan. Sebelumnya, pada empat pertandingan terakhir, gawang Persija selalu kebobolan. Berawal saat Persija melawan 757 Kepri Jaya pada babak 32 besar Piala Indonesia (leg pertama 8-2, leg kedua 1-1), lalu pertandingan kontra Home United pada babak pertama kualifikasi Liga Champions Asia (3-1), dan partai melawan Newcastle Jets pada babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia (1-3).

Menanggapi hal itu, pelatih asal Bulgaria tersebut mengaku para pemainnya telah bekerja dengan keras pada setiap pertandingan untuk tidak kebobolan. Bukan pada laga melawan TIRA-Persikabo saja. "Kami selalu bermain dengan maksimal pada semua pertandingan. Dan pada hari ini, Pemain telah melakukannya, semua pemain kerja bagus, dari striker hingga penjaga gawang," kata Kolev selepas pertandingan.

Sementara itu, Shahar Ginanjar yang dipercaya menjadi kiper pada laga ini menilai gawangnya tidak kebobolan berkat andil seluruh pemain Persija. Apalagi sebelum laga ini Pelatih Ivan Kolev juga sudah melakukan evaluasi terkait kinerja semua lini. Tak terkecuali lini belakang.

“Ya kalau dibilang clean sheet untuk pertama kali itu hasil dari evaluasi pelatih, dimana pelatih selalu melihat disetiap pertandingan-pertandingan apa kekurangan tim ini. Maka pelatih mengevaluasi dari posisi ke posisi. Jadi clean sheet ini juga kerja keras dari semua pemain, bukan hanya saya. Tetapi kinerja pemain belakang dan gelandang pun ikut punya peran dalam clean sheet saya,” kata Shahar

Mantan kiper PSM Makassar dan Persib Bandung itu juga menyebut untuk mendapatkan hasil kemenangan 2-0 bukan sesuatu yang mudah bagi timnya. Selain menghadapi laga yang cukup padat, tim lawan juga memberikan perlawanan.

“Cukup diapresiasi perjuangan teman-teman, inipertandingan yang sangat sulit, tapi teman-teman melakukan instruksi pelatih dari menit awal sampai menit 90 dan bisa mengakhiri pertandingan ini dengan menang 2-0,” pungkasnya.