BREAKINGNEWS.CO.ID- Partai Golkar mempersilahkan politisi Senior PAN, Amien Rais untuk membongkar kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasca dipanggil sebagai saksi atas kasus hoax Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya. Namun Amien Rais dinilai bukan penegak hukum.
 
"Ya silahkan. Tapi kan pak Amien Rais bukan penegak hukum. Penegak hukum itu adalah KPK," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzyli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018). 
 
Lanjut Ace, Amien Rais tidak bisa mengitervensi KPK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja kata Ace tidak bisa mengintervensi Komisi antirasuah tersebut. 
 
"Apakah pak Amien Rais bisa mengintervensi KPK? Presiden aja tidak bisa melakukan intervensi terhadap KPK, apalagi pak Amien Rais. Jadi menurut saya jangan terlalu ikut campur terhadap urusan proses hukum ya," tegasnya. 
 
Diberitakan, Amien Rais memastikan akan memenuhi panggilan polisi terkait kasus hoax Ratna Sarumpaet. Setelah memenuhi panggilan, Amien mengaku akan menyampaikan fakta menarik. 

"Saya akan datang di Polda ya. Setelah itu, saya akan membuat fakta yang insyaallah akan menarik perhatian ya," kata Amien Rais di Posko Pemenangan PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2018).

Amien, yang juga Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menjelaskan fakta menarik yang dimaksud. Fakta tersebut, kata Amien, terkait penegakan hukum dan korupsi di Indonesia. 
 
"Tentang penegakan hukum dan korupsi yang sudah mengendap lama di KPK akan saya buka pelan-pelan," kata Ketua Dewan Kehormatan PAN itu. 
 
Tanggapan KPK
 

Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengaku tak akan terpengaruh dengan ancaman Amien Rais yang menyebutkan akan membongkar suatu kasus yang selama ini mandek di KPK. Lembaga anti rasua tersebut meminta kepada Amien Rais untuk tidak mengkait-kaitkan KPK dengan urusan politik.

"Di tengah proses kontestasi politik yang sedang berjalan, kami harap tidak perlu mengait-ngaitkan KPK ke ranah politik. Karena KPK tidak akan terpengaruh dan tetap akan jaga independensi dari politik," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (9/10/2018).

KPK menilai pernyataan Amien Rais tersebut cukup membingungkan. Mengingat masalah hukum yang tengah dihadapinya tidak ada hubungan dengan KPK. Bahkan pihak KPK menyerankan kepada Amien Rais untuk fokus saja dengan perkara yang dihadapi. "Agak membingungkan ketika peristiwa tersebut dikait-kaitkan dengan KPK. Kami sarankan, saksi fokus saja pada pokok perkara yang sedang ditangani Polri tersebut," imbuhnya.

Namun demikian KPK juga membuka pintu bila Amien Rais ingin membantu pengungkapan perkara korupsi. Amien Rais diminta menyerahkan bukti-bukti valid terkait perkara korupsi yang ingin diungkapnya. "Jika ada bukti yang diklaim valid tentang dugaan tindak pidana korupsi, silakan disampaikan ke KPK. Kami akan lakukan telaah terlebih dahulu," ujar Febri.