BREAKINGNEWS.CO.ID - Perangkat Wireless Charging bernama AirPower yang dikenalkan pada Apple Special Event September 2017, hingga saat ini belum juga rilis. Prediksi sebelumnya menjelaskan bahwa AirPower akan hadir pada WWDC 2018, namun ternyata tidak terealisasi juga. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple akan merilis AirPower pada bulan September mendatang.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (22/6/2018), Mark Gurman (Bloomberg News) memberikan bocoran informasi ini yang bersumber dari sejumlah tim insinyur Apple serta para penyuplai. Kabarnya AirPower akan dirilis bulan September 2018 mendatang dan saat ini sudah mulai diuji untuk penggunaan harian oleh sejumlah tim Apple di Apple Park.

Apa yang membuat AirPower mendapatkan waktu penundaan rilis sangat lama? Mark menjelaskan bahwa ada beberapa teknologi penting di dalam AirPower yang masih disempurkana oleh Apple. Pertama adalah komponen Wireless Charging di dalamnya yang cukup kompleks, mengingat AirPower bisa mengisi baterai untuk 3 perangkat sekaligus secara bersamaan.

The AirPower charger is also more advanced than the current competition because it includes a custom Apple chip running a stripped down version of the iOS mobile operating system to conduct on-device power management and pairing with devices.

Kedua adalah teknologi chip khusus yang dibuat oleh Apple di dalam perangkat AirPower. Chip ini bekerja dengan sistem operasi yang berasal dari iOS namun dibuat lebih sederhana untuk mengendalikan fitur power management dan pairing ke setiap perangkat.

Saat ini fokus utama dari tim Apple untuk perangkat AirPower adalah menjamin semua fiturnya bekerja secara maksimal sebelum mulai diproduksi dan akhirnya dijual untuk pengguna umum. Mulai dari mencegah kemungkinan panas berlebihan (overheating), sirkuit pengisian baterai yang akurat untuk 3 perangkat secara bersamaan dan membereskan beberapa bug system pada bagian on-board firmware.

Sebagai tambahan, Apple juga belum menjelaskan harga jual dari perangkat AirPower. Namun sejumlah pengamat memprediksi bahwa AirPower akan dijual dengan harga $199 atau sekitar Rp2,8 jutaan. Sebagai pembanding, perangkat dengan standar Qi Wireless Charging yang direkomendasikan oleh Apple yaitu Mophie dan Belkin dijual dengan harga $48 atau sekitar Rp680 ribuan yang mendukung mode wireless charging untuk sebuah perangkat.