BREAKINGNEWS.CO.ID – Sekelompok hacker yang bernama Fluoroacetate berhasil menjebol keamanan iPhone X di perlombaan peretasan Pwn2Own di Tokyo, Jepang, dengan memanfaatkan kerentanan di browser Safari.

Dan hasilnya pun cukup mencengangkan. Para hacker tersebut berhasil menemukan adanya sebuah bug yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses tidak sah ke file pengguna.

Seperti dilansir dari Softpedia pada Kamis (15/11/2018), Richard Zhu dan Amat Cama berhasil menembus keamanan iPhone X yang menjalankan versi terbaru OS mobile Apple, iOS 12.1.

Richard Zhu dan Amat Cama mampun memanfaatkan bug pada iPhone X tersebut untuk mengekstrak data dari perangkat, termasuk juga dengan foto yang sebelumnya sudah dihapus.

Rumitnya proses peretasan yang dilakukan Zhu dan Cama, disebut tidak mungkin dilakukan oleh pihak lain mana pun. Meskipun begitu, keduanya telah melaporkan bug tersebut kepada produsen iPhone X yakni Apple.

Sementara itu, pihak Apple sendiri menjelaskan, patch untuk menambal bug tersebut memang tengah mereka siapkan. Namun sayangnya, waktu peluncurannya masih belum bisa dipastikan kapan.

Menurut laporan yang diberikan oleh salah satu media technologi yakni Forbes, metode untuk menjebol iPhone bisa mengekspos, tidak hanya foto yang ada, tapi yang sudah dihapus. Selain itu, konten lainnya juga bisa diekspos.

Zhu dan Cama sendiri merupakan peneliti keamanan, mereka pun akhienya sukses mendapatkan hadiah sebesar US$ 50 ribu atas temuan bug tersebut. Berdasakan aturan perlombaan, bug yang ditemukan harus dilaporkan kepada Apple agar bisa segera ditangani secepatnya.

Sebagai informasi, bug tidak hanya ditemukan di dalam iPhone X dalam perlombaan tersebut, tapi juga Galaxy S9 dan Xiaomi Mi6. Untuk iPhone X, patch menambal bug kemungkinan akan dirilis bersamaan dengan versi iOS 12.1.1 yang akan dirilis beberapa pekan mendatang.