Ada Karya Joko Anwar, Ini 12 Film Indonesia yang Bakal Tayang di Festival Film Busan Ke-28

Sederet film Indonesia akan tayang di Busan International Film Festival (BIFF) ke-28 yang berlangsung mulai 4-13 Oktober 2023.

Ada Karya Joko Anwar, Ini 12 Film Indonesia yang Bakal Tayang di Festival Film Busan Ke-28
image

RBG.ID - Sederet film Indonesia akan tayang di Busan International Film Festival (BIFF) ke-28 yang berlangsung mulai 4-13 Oktober 2023 mendatang.

Pada Selasa (22/8/2023), BIFF mengumumkan program spesial yang bertajuk Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema (Program Khusus dalam Fokus: Kebangkitan Sinema Indonesia).

Dalam program spesial ini, BIFF akan menghadirkan 6 film panjang, 5 film pendek, dan sebuah serial Indonesia yang menarik perhatian dengan karakter-karakter memukau dari berbagai genre.

Baca Juga: Joko Anwar Open Casting Film Siksa Kubur, Simak Syarat dan Caranya yang Terbuka untuk Umum

Program ini memperkenalkan 12 film Indonesia yang patut diperhitungkan, mulai dari karya sutradara wanita Molly Surya dan Camila Andini, serta karya master horor Joko Anwar.

"Sejak abad ke-21, perfilman Indonesia, terutama di ranah film independen, telah mengalami kebangkitan yang luar biasa," tulis BIFF dalam press release.

"Film-film ini telah berhasil masuk ke sejumlah festival film bergengsi dan meraih penghargaan terkemuka," lanjut keterangan itu.

Baca Juga: Cek Fasilitas SMPN 1 Dramaga Kabupaten Bogor yang Sedang Ramai Jadi Perbincangan

BIFF juga menyatakan, saat ini pasar domestik di Indonesia yang merupakan populasi terbesar keempat di dunia, sedang mengalami ekspansi karena peningkatan jumlah layar.

Terutama di bioskop multiplex, dengan produksi lokal mendominasi pangsa pasar.

"Sebagai salah satu negara yang industri filmnya pulih paling cepat dari pandemi, Indonesia sedang memperkuat kebijakan budaya untuk menumbuhkan pertumbuhan industri film dan mendukung para sineas Indonesia yang baru muncul," lanjut BIFF.

Baca Juga: Siap-siap, Pengendara Motor Melawan Arah Penyebab Kecelakaan Beruntun di Lenteng Agung Terancam Pidana

Beberapa sutradara Indonesia akan hadir kembali dalam festival film tersebut. Seperti Mouly Surya dan Kamila Andini, dua sutradara perempuan terkemuka di Asia.

Joko Anwar yang diakui sebagai maestro utama dalam genre horor. Edwin dan Yosep Anggi Noen, yang memperoleh pujian di sejumlah festival film bergengsi dunia.

Sorotan juga akan diberikan kepada para sineas muda yang baru-baru ini mulai menarik perhatian. Berikut daftar film beserta sutradaranya:

Baca Juga: KLHK Tetapkan Empat Warga Tangerang Jadi Tersangka Penyebab Polusi Udara

1. 24 Jam Bersama Gaspar (2023) - Yosep Anggi Noen
2. Gadis Kretek (2023) - Kamila Andini, Ifa Isfansyah
3. Ziarah (2016) - BW Purba Negara
4. Posesif (2017) - Edwin
5. Sara (2022) - Ismail Basbeth
6. What They Don′t Talk About When They Talk About Love (2012) - Mouly Surya
7. Perempuan Tanah Jahanam (2019) - Joko Anwar
8. Basri & Salma in a Never-Ending Comedy (2023) - Khozy Rizal
9. Dancing Colors (2022) - M. Reza Fahriyansya
10. Laut Memanggilku (2021) - Tumpal Tampubolon
11. Vania on Lima Street (2022) - Bayu Prihantoro Filemon
12. Where the Wild Frangipanis Grow (2023) - Nirartha Bas Diwangkara

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Denny Sumargo Resmi Laporkan Verny Hasan ke Polda Metro Jaya

Program khusus Kebangkitan Sinema Indonesia telah mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sehingga menghasilkan perluasan undangan para tamu.

Sutradara dan aktor dari setiap film yang menjadi bagian dari program itu, dijadwalkan akan mengunjungi Busan dan berpartisipasi dalam berbagai acara.