Cuma Syuting 15 Hari, Film Mendung Tanpo Udan Siap Tayang di Bioskop Indonesia

Cuma syuting selama 15 hari, film Mendung Tanpo Udan siap tayang di bioskop Indonesia

Cuma Syuting 15 Hari, Film Mendung Tanpo Udan Siap Tayang di Bioskop Indonesia

INDOZONE.ID - Lagu “Mendung Tanpo Udan” karya Kukuh Prasetya Kudamai akhirnya selesai diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar yang dikerjakan selama 15 hari. Nantinya, film ini siap untuk tayang di bioskop Indonesia.

Proses shooting film ini sepenuhnya dilakukan di Yogyakarta, menghabiskan waktu selama 15 hari dan diproduksi dibawah arahan Kris Budiman, sutradara pendatang baru yang diberi kepercayaan oleh Nant Entertainment untuk menggarap film bernuansa drama-komedi ini.

kris budiman
Kris Budiman, sutradara film Mendung Tanpo Udan. (Dok. Nant Entertainment)

Film “Mendung Tanpo Udan” sepenuhnya menceritakan kisah dari novel “Mendung Tanpo Udan” karya Fairuzul Mumtaz yang kemudian diolah dan dikembangkan lebih jauh oleh Kris Budiman, Gianluigi Christoikov, dan Agit Romon selaku penulis.

Proses shooting “Mendung Tanpo Udan” sendiri melibatkan berbagai talenta di industri kreatif, mulai dari aktor dan aktris nasional, kreator konten, komedian/komika hingga talenta seniman asli Yogyakarta.

Baca juga: Reza Rahadian Ternyata Gak Ingin Beradegan Laga Berlebihan di 'Berbalas Kejam', Kenapa?

Nama-nama aktor/aktris nasional yang menghiasi cerita “Mendung Tanpo Udan” di antaranya ada Erick Estrada sebagai Udan, Yunita Siregar sebagai Mendung, Marcel Darwin sebagai Will, Kery Astina sebagai Awan, Aulia Deas sebagai Petri dan aktris senior Yati Pesek sebagai Mbak Retno.

mendung tanpo udan
Behind the scene film Mendung Tanpo Udan. (Dok. Nant Entertaiment)

Selain itu, “Mendung Tanpo Udan” juga banyak melibatkan talenta seniman asli Yogyakarta, mulai dari Bimacho, Migga Sadewa, Alit Jabang Bayi, Wijil, Popo Java, Gepeng Kesana-Kesini, Shaggydog hingga Kukuh Prasetya Kudamai sendiri selaku pencipta lagu.

Tak lupa juga sederet kreator konten dan seniman dari Jakarta lainnya seperti Tommy Limm, Elgi Purnama, Jenda McClover, Alit Shitlicious dan Oom Leo Karaoke. Di samping menghabiskan seluruh proses syutingnya di Yogyakarta, film “Mendung Tanpo Udan” juga akan menggunakan Bahasa Jawa sebagai sebagai bahasa utama di dalam setiap percakapan film ini. 

mendung tanpo udan
Behind the scene film Mendung Tanpo Udan. (Dok. Nant Entertaiment)

Keputusan ini dipilih oleh Muhammad Hananto, produser Nant Entertainment tidak lain untuk memperkuat rasa dari film ini yang memang berangkat dari lagu Mendung Tanpo Udan yang berbahasa Jawa. 

Muhammad Hananto berharap film ini tidak hanya menjadi sebuah hiburan semata, namun sekaligus bisa memperkenalkan Yogyakarta lebih dalam ke masyarakat secara umum. Nantinya film “Mendung Tanpo Udan” sendiri diharapkan bisa tayang di bioskop pada akhir tahun 2023 ini, atau paling lambat di awal tahun 2024 mendatang.

Baca juga: 'Kiko in the Deep Sea' Sajikan Aksi Kiko cs Investigasi Kerusakan Laut, Tayang Pekan Depan

Sinopsis Film

mendung tanpo udan
Teaser poster film Mendung Tanpo Udan. (Dok. Nant Entertaiment)

Sinopsis film “Mendung Tanpo Udan” menceritakan perjalanan Udan seorang pemuda yang meletakan tujuan hidupnya di persimpangan jalan, antara harus mengejar idealismenya sebagai seorang musisi atau menjalani hidup secara realistis dengan bekerja seperti orang pada umumnya.

Kegalauan Udan dalam menentukan jalannya ini, pada akhirnya berdampak pada retaknya hubungan dirinya dengan Mendung, kekasih Udan yang memiliki cita-cita sebagai wanita karier dan lebih memilih untuk menjalani hidup secara realistis. 

Udan pun harus berjuang, tidak hanya membuktikan bahwa cita-citanya sebagai musisi dapat terwujud, tetapi juga memastikan agar Mendung tidak meninggalkan dirinya. Gimana guys, sudah penasaran dengan filmnya? Tunggu informasi selanjutnya ya!

Artikel menarik lainnya: