10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022

10 film Korea Selatan terlaris di box office Korea Selatan sepanjang 2022, seperti The Roundup yang satu-satunya tembus di atas 10 juta tiket.

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah film Korea bergenre laga berhasil menguasai box office Korea Selatan pada 2022. The Roundup yang dibintangi Ma Dong-seok menempati posisi pertama film lokal terlaris di Korea Selatan dengan penjualan lebih dari 12,6 juta tiket.

Sekuel The Outlaws (2017) itu juga menjadi satu-satunya film lokal yang berhasil menjual lebih dari 10 juta tiket sejak tayang tahun ini.

Sementara itu, posisi kedua ditempati Hansan: Rising Dragon yang merupakan sekuel The Admiral: Roaring Currents, film terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan hingga saat ini.

Film komedi 6/45 juga berhasil masuk daftar film terlaris tahun ini. Film yang dibintangi Go Kyung-pyo ini menjual hampir 2 juta tiket di box office lokal dan membuatnya menempati posisi kedelapan.

Sedangkan posisi kesembilan ditempati Decision to Leave, film yang menjadi perwakilan Korea Selatan untuk Oscar 2023. Film tersebut berhasil masuk daftar pendek Oscar 2023.

Berikut 10 film Korea terlaris di box office Korea Selatan 2022, berdasarkan data Dewan Perfilman Korea per Senin (26/12).


1. The Roundup

The Roundup merupakan sekuel dari The Outlaws (2017) yang masih dibintangi Ma Dong-seok. Film tersebut telah mengumpulkan lebih dari US$102,8 juta dari penjualan 12.693.322 tiket sejak tayang 18 Mei.

Film ini menceritakan perjalanan polisi untuk mengekstradisi tersangka yang telah melakukan kejahatan terhadap turis Korea di Ho Chi Minh, Vietnam, sekitar empat tahun setelah Ma Suk-do (Ma Dong-seok) menyapu bersih Jang Chen (Yoon Kye-sang) dan anggota grupnya.

Ma Suk-do dan tim mendapatkan misi untuk membawa tersangka yang kabur ke Vietnam kembali ke Korea Selatan. Ia pun terbang ke Vietnam untuk mengejar tersangka.

Namun, setibanya di sana, Ma Suk-do menemukan kasus pembunuhan tambahan dan mendengar tentang pembunuh kejam yang melakukan kejahatan pada turis beberapa tahun terakhir.

Oleh sebab itu, demi menangkap penjahat yang belum pernah ditemui sebelumnya, Ma Suk-do dan tim harus bekerja lebih keras.

2. Hansan: Rising Dragon

Hansan: Rising Dragon merupakan prekuel dari film terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan, The Admiral: Roaring Currents. Film ini menjual 7.264.648 tiket sejak tayang 27 Juli. Penjualan tiket itu setara dengan US$57,7 juta.

Hansan: Rising Dragon mengisahkan Pertempuran Pulau Hansan yang terjadi pada 1592. Semua berawal ketika Laksamana Yi Sun-sin (Park Hae-il) yang berupaya melawan pasukan Jepang yang dipimpin Wakisaka (Byun Yo-han).

Upaya itu ia lakukan dengan pasukan angkatan lautnya yang tak seberapa, bila dibandingkan dengan milik Jepang. Joseon pun berada dalam masa-masa kritis akibat serangan Jepang tersebut.

Orang-orang di sekelilingnya meminta Yi Sun-shin untuk berpikir cepat di tengah situasi sulit tersebut. Korea kemudian disebut harus memperkuat pertahanan, bukan menyerang balik Jepang.

3. Confidential Assignment 2: International

Film yang dibintangi Hyun Bin dan YoonA SNSD ini telah menjual 6.982.840 tiket yang setara dengan US$55,5 juta sejak tayang 7 September.

Confidential Assignment 2 mengisahkan Im Chul-ryung (Hyun Bin) yang kembali ke Korea Selatan untuk mengejar organisasi kriminal rahasia brutal asal Korea Utara, Jang Myung-joon (Jin Sun-kyu).

Chul-ryung bekerja sama dengan Kang Jin-tae (Yoo Hae-jin), yang sukarela bekerja dengan Korea Utara supaya bisa kembali ke tim investigasi.

Selain itu, Im Chul-ryung dan Kang Jin-tae juga bakal bekerja sama dengan agen FBI bernama Jack (Daniel Henney) yang telah lama mengikuti jejak organisasi kriminal Korea Utara.

Lanjut ke sebelah...

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022

BACA HALAMAN BERIKUTNYA