5 Penyebab HP Cepat Panas dan Rusak, Segera Lakukan Ini!

HP tiba-tiba panas ternyata bikin perangkat cepat rusak. Segera lakukan hal ini!

5 Penyebab HP Cepat Panas dan Rusak, Segera Lakukan Ini!
image

Jakarta, CNBC Indonesia - HP tiba-tiba panas (overheating) berisiko merusak perangkat. Jika terus dibiarkan, performa HP bisa menurun drastis dan baterai cepat terkuras.

Bahkan, untuk kasus ekstrim, CPU di dalam perangkat bisa meleleh dan HP meledak. Untuk itu, penting menjaga kondisi HP tetap dingin.

Ada banyak penyebab HP tiba-tiba panas. berikut dirangkum CNBC Indonesia beserta solusinya, Kamis (16/2/2023).

Menonton video dan main game berjam-jam

Ukuran layar HP yang semakin besar dengan kualitas yang mumpuni memudahkan pengguna untuk menonton video atau film. Main game pun jadi lebih asyik dengan banyaknya pilihan game mobile yang tersedia.

Namun, dua aktivitas ini menguras performa HP. Jika dilakukan secara intens dengan durasi lama, wajar saja HP jadi panas. Apalagi jika menonton video dan main game dilakukan sembari mengisi daya (charging) HP.

Menjalankan terlalu banyak aplikasi

Aplikasi di HP memang memudahkan kehidupan sehari-hari. Anda bisa berbelanja online, memesan makanan, bertukar pesan dengan teman, hingga scrolling di media sosial.

Tetapi, sebaiknya tutup aplikasi begitu selesai menggunakannya. Jangan jalankan banyak aplikasi bersamaan dalam waktu yang lama karena bisa membuat CPU bekerja terlalu keras dan bikin HP cepat panas.

Sinyal jelek

Ketika berada di area yang susah sinyal, HP akan berupaya untuk mencari sinyal, baik itu seluler, WiFi, atau Bluetooth. Hal ini juga bisa memicu HP cepat panas karena antena mobile bekerja terlalu keras.

Paparan sinar matahari

Ketika berada di luar ruangan, sebaiknya hindari HP dari paparan matahari langsung. Jangan pula meletakkan HP lama-lama di mobil dalam keadaan terparkir outdoor, pasalnya bisa memicu HP cepat panas.

Untuk itu, disarankan untuk meletakkan HP di tempat yang lebih dingin dan gelap. Misalnya saja di saku celana, tas, atau pouch.

Malware atau virus

HP Android lebih rentan terjangkiti virus atau malware. Ketika terkena virus berbahaya, biasanya HP akan cepat panas karena virus tersebut mengambil sumber daya HP. Untuk itu, hindari menginstal aplikasi yang mencurigakan di Play Store atau situs.

Cara Menghindari HP Cepat Panas

  1. Lakukan pengisian daya di tempat yang relatif dingin.
  2. Setel tingkat kecerahan layar ke posisi rendah ke menengah. Hindari menyetel kecerahan layar ke tingkat maksimal.
  3. Gunakan charger yang resmi. Perhatikan watt pada charger yang sesuai dengan HP.
  4. Rutin membersihkan HP dari aplikasi yang jarang digunakan.
  5. Jangan bawa HP untuk panas-panasan.

Selamat mencoba!


[Gambas:Video CNBC]

(tib)