Penonton Film Indonesia Mencari Genre dan Tema Beragam

Penonton Film Indonesia Mencari Genre dan Tema Beragam

Penonton Film Indonesia Mencari Genre dan Tema Beragam
image
Jakarta: Genre yang bervariasi akan memberikan beragam warna untuk industri film Indonesia. Simak peran diversifikasi untuk kemajuan karya filmmaker lokal.
 
Diversifikasi genre film telah menjadi budaya baru yang dilakukan oleh deretan rumah produksi di Indonesia. Bisa dilihat dengan hadirnya beragam genre film dari sebuah rumah produksi, seperti Visinema Pictures.
 
Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk membahas mengenai diversifikasi bersama Pendiri Visinema Pictures, Angga Dwimas Sasongko, yang juga merupakan salah satu filmmaker ternama di Indonesia. Hal itu yang membuat percaya bahwa pasar perfilman Indonesia akan terus tumbuh.
"Saya percaya bahwa diversifikasi genre dan tema akan membantu market untuk tumbuh lebih baik karena dengan diversifikasi," ungkap Angga Dwimas Sasongko, Senin, 8 Januari 2023.
 
Dengan adanya diversifikasi, Angga menilai bahwa akan ada pengurangan potensi penonton yang menetap pada satu genre saja. Alhasil, sikap tersebut pun bisa dihindarkan. Tentunya itu bisa menjadi sebuah keuntungan bagi para filmmaker Indonesia untuk lebih bebas berkarya tanpa adanya rasa ragu bakal sepi penonton.
 
 
Suksesnya diversifikasi pun bisa dilihat dari beberapa film yang telah tayang pada 2023. Seperti film 13 Bom di Jakarta yang dihadirkan oleh Visinema Pictures dengan genre laga bisa mencapai hampir satu juta penonton sejak penayangannya pada 28 Desember 2023.
 
Lalu, ada film dengan konsep hitam putih yakni Jatuh Cinta Seperti di Film-film yang mendapatkan 500 ribu penonton dalam dua pekan penayangannya. Selain itu, film Air Mata di Ujung Sajadah dengan genre drama bisa menembuh tiga juga penonton.
 
Angga Dwimas Sasongko pun menjelaskan dengan data di atas bahwa para penonton di Indonesia bergantung pada disersifikasi genre dan tema. Pada dasarnya penonton ingin menyaksikan tayangan yang beragam ketika berkunjung ke bioskop-bioskop atau melihat daftar film di platform streaming digital.
 
"Jadi, penonton tuh sebenernya menginginkan dan mencari tema-tema yang beragam," jelas Angga Dwimas Sasongko.
 
Hal itu yang membuatnya merasa bahwa diversifikasi bisa menjadi sesuatu yang menarik pada 2024 ini. Para penonton akan melihat beragam genre dan tema yang disajikan oleh filmmaker Indonesia.
 
"Saya rasa ini akan menjadi titik yang menarik untuk tahun ini kita akan melihat film-film yang lebih beragam di bioskop Indonesia," pungkas Angga Dwimas Sasongko.
 
Jadi, apakah Sobat Medcom sudah siap menyaksikan film dengan genre yang beragam dan bervariasi sepanjang 2024 ini?
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id