10 Rekomendasi Film Indonesia, Siap Menemani Libur Akhir Tahunmu!

10 Rekomendasi film Indonesia 1. The Big 4 2. Mencuri Raden Saleh 3. Miracle in Cell No. 7 4. The Night Come For Us 5. A Perfect Fit, dan lain-lain.

10 Rekomendasi Film Indonesia, Siap Menemani Libur Akhir Tahunmu!

Libur akhir tahun hampir tiba, dan mungkin ada beberapa dari kamu yang memilih untuk tetap berada di rumah. Tapi, tunggu dulu! Jangan anggap liburanmu membosankan, karena ini saatnya untuk melakukan marathon nonton film di rumah! Ada banyak rekomendasi film Indonesia yang menarik dan pastinya akan menjadi sorotan sepanjang tahun 2023.

Penasaran ada film apa saja? Check this out!

Baca juga: Daftar Film Natal Klasik sampai Kekinian untuk Temani Akhir Tahun 2023!

10 REKOMENDASI FILM INDONESIA 

Industri perfilman Indonesia semakin berkembang pesat, dan buktinya terlihat dari kualitas film-film yang semakin memukau. 

Jangan heran jika banyak dari kita yang mencari film-film ini dan terkesan dengan setiap jalan ceritanya. Baik itu romansa, komedi, atau drama, semuanya dapat kamu temukan di sini.

THE BIG 4 (2022)

“The Big 4” bercerita tentang detektif muda bernama Dina (Putri Marino) yang berusaha mengungkap sosok pembunuh ayahnya. Hal ini pun membawanya ke sebuah pulau dan bertemu dengan empat orang pembunuh bayaran yang ternyata merupakan anak asuh ayahnya yang siap mencari pembunuh.

  • Genre: komedi, laga, drama, misteri, kriminal
  • Pemain: Putri Marino, Abimana Aryasatya,  Lutesha, Arie Kriting, dan lain-lain.
  • Platform: Netflix

MENCURI RADEN SALEH (2022)

Kalau kamu suka film aksi, komedi, kriminal, kamu wajib banget nonton “Mencuri Raden Saleh”. Film ini mengisahkan tentang sekelompok anak muda amatiran yang memiliki misi mencuri lukisan Raden Saleh di Istana Presiden. Meski perbuatan mereka salah, namun mereka memiliki kerja sama yang baik dalam menjalani misinya.

  • Genre: laga, komedi, roman, kriminal
  • Pemain: Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Ari Ilham, Umay Shahab, Aghniny Haque, Rachel Amanda
  • Platform: Netflix

MIRACLE IN CELL NO 7

Rekomendasi film Indonesia selanjutnya yang wajib masuk dalam daftar tontonanmu adalah “Miracle in Cell No.7”. Diadaptasi dari versi aslinya di Korea Selatan dengan judul yang sama, film ini mampu menyentuh hati dan mengundang air mata penonton.

Menyoroti kehidupan Ayah Dodo Rozak (Vino G Bastian), yang memiliki disabilitas dan hidup bersama putri kecilnya, Melati (Makayla Rose). 

Kehidupan penuh cinta mereka berdua berubah drastis ketika Dodo tiba-tiba dituduh sebagai penyebab kematian seorang anak kecil.

  • Genre: komedi, melodrama, keluarga, drama
  • Pemain: Vino G Bastian, Mawar de Jongh, Denny Sumargo, Bryan Domani, dan lain-lain.
  • Platform: Prime Video

THE NIGHT COME FOR US (2018)

rekomendasi film Indonesia The Night Come for Us
Sumber foto: Netflix

Dari judul yang berbahasa Inggris, mungkin kamu akan menyangka ini film luar negeri, padahal “The Night Come For Us” adalah film Indonesia yang dimainkan oleh aktor-aktor ternama.

Rekomendasi film aksi Indonesia ini, mengisahkan tentang seorang mantan anggota triad, Ito (Joe Taslim), yang memutuskan untuk meninggalkan dunia kejahatan. Namun, ketika sebuah operasi baku tembak brutal di sebuah kota di Indonesia, membuatnya menjadi saksi atas pembantaian brutal terhadap anak-anak perempuan.

  • Genre: laga, fiksi kriminal, horor, drama, ketegangan
  • Pemain: Joe Taslim, Julie Estelle, Iko Uwais, Dian Sastrowardoyo, dan lain-lain.
  • Platform: Netflix

A PERFECT FIT (2021)

Film “A Perfect Fit” merupakan salah satu film romance terbaik Indonesia yang termasuk banyak dicari di Netflix sepanjang 2023. 

Film ini bercerita tentang perjuangan cinta seorang fashion designer bernama Saski (Nadya Arina) dan Rio (Refal Hady) seorang pengrajin sepatu. Pertemuan mereka bisa dibilang tidak tepat karena Saski sudah memiliki tunangan hasil perjodohan orang tuanya.

  • Genre: romansa, komedi, drama
  • Pemain: Nadya Arina, Refal Hady, Giorgino, Bryan Domani, Laura Theux, dan lain-lain
  • Platform: Netflix

GARA-GARA WARISAN (2022)

Salah satu film terbaik Indonesia yang menceritakan tentang keluarga. “Gara-Gara Warisan” mengisahkan tentang tiga saudara yang memperebutkan warisan ayahnya berupa guest house.

Ketiga anak tersebut memiliki kisahnya masing-masing, namun Dicky (Ge Pamungkas) sang anak bungsu, adalah anak kesayangan ayahnya sejak kecil. Namun, dibandingkan saudaranya yang lain, Dicky tumbuh menjadi pemuda bengal. 

Pertanyaan pun muncul, siapakah di antara mereka yang layak mendapatkan warisan berharga tersebut?

  • Genre: keluarga, drama, komedi
  • Pemain: Indah Permatasari, Oka Antara, Ge Pamungkas, Sheila Dara, Hesti Purwadinata, dan lain-lain
  • Platform: Platform streaming

NOKTAH MERAH PERKAWINAN (2022)

Sempat menjadi perbincangan hangat perfilman Indonesia, film “Noktah Merah Perkawinan” sebenarnya merupakan adaptasi dari sinetron tahun 90an. 

Film ini mengisahkan tentang sepasang suami-istri Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) yang hidup berkeluarga dengan dua orang anak mereka.

Masalah hadir ketika Yuli (Sheila Dara) masuk ke rumah tangga mereka, bahkan semakin rumit ketika kedua orang tua Ambar dan Gilang ikut campur. 

  • Genre: romansa, melodrama, keluarga
  • Pemain: Oka Antara, Marsha Timothy, Oka Antara, Sheila Dara, Ayu Azhari, dan lain-lain
  • Platform: Netflix

SAYAP-SAYAP PATAH (2022)

rekomendasi film Indonesia Sayap-Sayap Patah
Sumber foto: Netflix

Diangkat dari kisah nyata, “Sayap Sayap Patah”  berkisah tentang sepasang suami-istri, Aji (Nicholas Saputra) yang berprofesi sebagai anggota Densus 88 dan Nani (Ariel Tatum) istrinya.

Pekerjaan Aji yang selalu berhadapan dengan terorisme membuat istrinya yang lagi hamil selalu cemas. 

Benar saja, Aji termasuk dalam petugas yang disandera oleh para terorisme yang membuat kisah ini menjadi kisah yang tragis dan menegangkan.

  • Genre: romansa, tragedi, laga
  • Pemain: Nicholas Saputra, Ariel Tatum, Poppy Sovia, dan lain-lain.
  • Platform: Netflix

NGERI-NGERI SEDAP (2022)

rekomendasi film Indonesia Ngeri-Ngeri Sedap
Sumber foto: Netflix

Bagi pecinta cerita keluarga, film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Film ini mengisahkan kisah yang mengharukan seputar kehidupan Pak Domu (Arswendy Beningswara) dan Mak Domu (Tika Panggabean), sepasang suami istri yang tinggal bersama anak bungsunya, Sarma (Gita Bhebhita).

Konflik keluarga terjadi, ketika Pak Domu memiliki pandangan yang berbeda dengan ketiga anak lelaki mereka yang telah merantau ke kota. Namun, kisah haru dimulai ketika Pak Domu berpura-pura sakit untuk membujuk anak-anaknya pulang.

  • Genre: komedi, melodrama, keluarga
  • Pemain: Arswendy Beningswara, Tika Panggabean, Boris Bokir, Indra Jegel, Gita Bhebhita, dan lain-lain
  • Platform: Netflix

LDR LOVE DISTANCE RELATIONSHI* (2023)

Film romance Indonesia terbaru, “LDR: Love Distance Relationshi*” mengisahkan tentang Ella (Yuki Kato) yang diminta segera mencari jodoh oleh ibunya. Suatu hari, ia bertemu dengan Derrick (Dennis Perez) teman kantornya asal Amerika.

Mereka menjalin hubungan, namun sayangnya Derrick harus kembali ke Amerika, yang membuat hubungan mereka harus LDR. Tak ada kecurigaan dari Ella terhadap Derrick selama LDR, namun tiba-tiba Ella ragu dengan hubungannya.

  • Genre: romansa, komedi
  • Pemain: Yuki Kato, Rebecca Klopper, Fadly Faisal, Calvin Jeremy dll
  • Platform: MAXStream TV

10 Rekomendasi film Indonesia di atas tidak hanya menawarkan variasi genre yang luas, tetapi juga kualitas cerita yang memukau dan penuh hiburan. Selamat menikmati liburan natal dan tahun baru, ya!

Mau dapet rekomendasi film seru lainnya yang cocok untuk liburan tahun baru? Yuk, diskusi bareng di Girls Beyond Circle!

Baca juga: Bikin FOMO, Ini 10 Serial Netflix Rating Tinggi, Cocok Temani Waktu Luangmu

Sumber foto: Pexels