Sinopsis Grave of the Fireflies, Kisah Tragis Kakak Adik Masa Perang

Sinopsis Grave of the Fireflies, animasi Studio Ghibli tentang dua bersaudara bertahan hidup di Jepang jelang akhir Perang Dunia II.

Sinopsis Grave of the Fireflies, Kisah Tragis Kakak Adik Masa Perang
Jakarta, CNN Indonesia --

Grave of the Fireflies merupakan film animasi rilisan 1988 yang mengisahkan tragedi perang. Film produksi Studio Ghibli itu dibuat berdasarkan cerita pendek karya Akiyuki Nosaka yang terbit pada 1967.

Film tersebut fokus pada kehidupan dua saudara kandung yatim piatu yang tinggal di Kobe. Grave of the Fireflies mengambil latar waktu Juni 1945 atau bulan-bulan terakhir Perang Dunia II.

Berikut sinopsis Grave of the Fireflies.

Grave of the Fireflies dibuka dengan kondisi menyedihkan Seita di Stasiun Sannomiya, Kōbe, Prefektur Hyogo, sebelum mengajak penonton kembali ke masa lalu.

Seita terlihat terbaring di peron dengan pakaian compang-camping dan sekarat karena kelaparan. Hal itu membuat orang yang lewat mengomentari penampilan kotor Seita, sedangkan yang lain menginformasikan pasukan Amerika segera tiba.

[Gambas:Video CNN]

Pada malam harinya, seorang petugas kebersihan datang dan memeriksa Seita yang ternyata sudah meninggal di sana bersama beberapa gelandangan lainnya.

Petugas itu menemukan kaleng permen berisi abu Setsuko dari kantong Seita. Ia kemudian membuang kaleng itu yang memancing begitu banyak kunang-kunang muncul di sekitarnya. Roh Setsuko dan Seita turut terlihat bersama kunang-kunang itu.

Kisah pilu keduanya pun dimulai. Seita mulai menceritakan trauma masa lalunya, yakni kembali ke akhir Perang Dunia II, selama pengeboman api Kobe oleh B-29 Amerika.

Grave of the FirefliesSinopsis Grave of the Fireflies, film animasi Studio Ghibli tentang dua bersaudara saling bergantung jelang akhir Perang Dunia II. (Studio Ghibli/Toho via IMDb)

Sang ibu yang menderita penyakit jantung mendahului mereka untuk bergegas ke tempat perlindungan. Sementara itu Seita sibuk mengamankan beberapa hal penting. Seita pun bersama sang kakak dan digendong untuk pergi ke sana.

Belum lagi sempat pergi, serangan udara jatuh di kawasan tempat tinggal mereka. Di saat situasi semakin kacau, Seita melarikan diri ke arah laut dan bersiap menyusul sang ibu di tempat perlindungan.

Lanjut ke sebelah...

Sinopsis Grave of the Firefilies

BACA HALAMAN BERIKUTNYA