Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI di Bioskop Trans TV

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI dijadwalkan hadir dalam Bioskop Trans TV hari ini, Jumat 22 September 2023 pukul 23.00 WIB.

Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI di Bioskop Trans TV
image
Bandung -

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI dijadwalkan hadir dalam Bioskop Trans TV hari ini, Jumat 22 September 2023 pukul 23.00 WIB. Film bergenre dokudrama propaganda ini rilis tahun 1984, disutradarai oleh Arifin C. Noer.

Film ini dibintangi beberapa artis ternama seperti Bram Adrianto, Syubah Asa, Ade Irawan, Amoroso Katamsi, Umar Kayam, Didi Sadikin, dan Kies Slamet.

Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI di Bioskop Trans TV

Diceritakan dalam film itu, Indonesia berada dalam kekacauan. Rakyat hidup dalam kemiskinan, sementara yang kaya memamerkan kekayaan mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Soekarno sedang sakit. Konsep politiknya, Nasakom (nasionalisme, agama, dan komunisme) diceritakan telan menyebabkan pertumbuhan besar anggota PKI.

Partai ini mencoba melakukan kudeta pada tahun 1948 dengan menyerang dan membunuh orang di seluruh negeri. Presiden yang telah melemah juga dimanipulasi oleh partai ini.

PKI telah merekayasa cerita, berdasarkan Dokumen Gilchrist yang palsu, bahwa Dewan Jenderal sedang mempersiapkan kudeta bila Soekarno mati. DN Aidit, Syam, dan kepemimpinan Partai Komunis diam-diam berencana untuk menggunakan ini sebagai alasan untuk kudeta mereka sendiri.

Barisan anggota Partai ini menerima penjelasan dari pimpinan, berencana untuk menculik tujuh jenderal (yang dikatakan sebagai anggota Dewan Jenderal), merebut kota, dan mengamankan Soekarno.

Para anggota sayap kanan dalam Angkatan Darat yang tidak menyadari kudeta yang akan terjadi ini, hidup bahagia dengan keluarga mereka. Tiba-tiba pada malam 30 September-1 Oktober, tujuh unit dikirim untuk menculik para jenderal yang terkait dengan Dewan Jenderal tersebut.

Jenderal Abdul Harris Nasution berhasil melarikan diri melompati tembok, namun putrinya Ade Irma Suryani Nasution justru tertembak, sementara atase militer Pierre Tendean berlari keluar, memegang pistol.

Tendean dengan cepat ditangkap, dan ketika ditanya di mana Nasution, mengaku dirinya adalah jenderal tersebut. Yani, yang melawan, tewas di rumahnya, Mayor Jenderal MT Haryono mendapat nasib yang sama.

Kepala Jaksa Militer Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen Siswondo Parman, dan Letnan Jenderal Soeprapto ditangkap. Brigadir Jenderal DI Pandjaitan ikut dengan rela, tetapi ketika dia berdoa terlalu lama sebelum memasuki truk, dia dibunuh.

Mayat dan tahanan yang dibawa ke kamp G30S/PKI di Lubang Buaya. Di sinilah para korban yang tersisa disiksa dan dibunuh. Tubuh mereka kemudian dilemparkan ke dalam sumur.

Pagi berikutnya, anak buah Letnan Kolonel Untung mengambil alih kantor RRI dan memaksa staf di sana untuk membaca pidato Untung. Disebutkan bahwa G30S (sebutan gerakan tersebut) telah bergerak untuk mencegah kudeta oleh Dewan Jenderal dan mengumumkan pembentukan "Dewan Revolusi". Bagaimanakah kelanjutan ceritanya?

Jadwal Acara Trans TV Hari Ini

Simak aksinya di Bioskop Trans TV yang bakal tayang Jumat (22/9/2023) pukul 23.00 WIB, hanya di Trans TV.

05:00 Islam Itu Indah
06:30 Insert Pagi
07:30 CNN Indonesia Good Morning
08:30 Pagi-pagi Ambyar
10.00 Siapa Mau Jadi Juara
11:00 Insert
12:30 Brownis (Obrolan Manis)
14:00 Rumpi (NO SECRET)
15:00 Insert Today
16:00 CNN Indonesia News Update
16:30 Dream Box Indonesia
17:30 Bikin Laper
18:30 Insert Story
19:30 Dunia Punya Cerita
20:15 Tanpa Batas
21:00 Bioskop Trans TV: Deep Blue Sea
23:00 Bioskop Trans TV: Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI
01:00 Sinema Dinihari
03.00 CNN Connected

Detikers bisa menyaksikannya di layar kaca, streaming di www.transtv.co.id, melalui aplikasi detikcom, atau berlangganan TransVision. Jangan sampai ketinggalan ya!

(aau/iqk)