Komite FFI Umumkan Judul yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2023

Baca berita tentang Komite FFI Umumkan Judul yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2023 selengkapnya hanya di Jabar Ekspres!

Komite FFI Umumkan Judul yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2023
image

JABAR EKSPRES – Panitia Festival Film Indonesia 2023 telah mengumumkan 22 judul film yang masuk dalam tahap nominasi untuk memperebutkan Piala Festival Film Indonesia (FFI) 2023.

Film dalam kategori film panjang diajukan untuk memperebutkan piala bergengsi yang diberikan kepada para pencinta film di Tanah Air.

Program film ini dipilih berdasarkan perhitungan evaluasi akhir dari 15 asosiasi profesi perfilman yang dilakukan oleh Akuntan Publik.

BACA JUGA : Jelang Perhelatan, AMI Awards 2023 Tambah 6 Kategori Baru dalam Daftar Nominasi

Ke-22 film ini kemudian akan masuk ke tahap nominasi dalam 17 kategori yang ditentukan oleh anggota Akademi Citra FFI 2023.

Beberapa judul film seperti “Kembang Api” yang disutradarai oleh Herwin Novianto, film laga jagat sinema Bumilangit “Sri Asih” yang disutradarai oleh Upi, hingga film biografi “Buya Hamka Jilid 1” garapan Fajar Bustomi, siap bertarung untuk memperebutkan piala FFI tahun ini.

Selain itu, film thriller terbaru yang dibintangi oleh Laura Basuki berjudul “Sleep Call” karya Fajar Nugros dan “Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang” karya Angga Dwimas Sasongko juga turut meramaikan 22 nominasi di kategori film panjang.

BACA JUGA : AMI Awards 2023 Siap Digelar di Jiexpo November Mendatang, Ini Deretan Nominasinya!

Pada tahun 2023, Festival Film Indonesia mengangkat tema PIALA CITRA. CITRA berarti “kegelapan” atau “citra”, yang terinspirasi dari sebuah puisi karya Usmar Ismail.

CITRA diambil dari nama penghargaan film Indonesia yang telah diberikan sejak tahun 1967 dan merupakan simbol otoritas tertinggi perfilman Indonesia.

PIALA CITRA, yang diberikan setiap tahun, merupakan benang merah pencapaian perfilman Indonesia, yang membentuk peta dinamika dan perkembangan perfilman Indonesia kemarin, hari ini, dan esok.

Festival Film Indonesia dan PIALA CITRA diharapkan dapat membangkitkan semangat para sineas untuk selalu berkarya menciptakan film-film Indonesia yang berkualitas dan membangun citra positif industri perfilman Indonesia.