Senangnya Pedagang Pasar Kayu Muntilan Syuting Film Gadis Kretek Meski Figuran

Evi Handayani berkelakar dirinya sampai mendapatkan candaan 'weh artis e Muntilan' karena statusnya sebagai figuran sempat muncul di TikTok.

Senangnya Pedagang Pasar Kayu Muntilan Syuting Film Gadis Kretek Meski Figuran
image

Daftar Isi

Magelang -

Film Gadis Kretek mengambil syuting di Pasar Kayu Muntilan, Kabupaten Magelang. Dalam film ini pun melibatkan warga setempat.

Salah satunya yang dilibatkan dalam film tersebut yakni pedagang kayu UD Handayani, Evi Handayani (46). Ia dilibatkan dalam film Gadis Kretek sebagai figuran.

"Sekeluarga ada 8 orang, ikut jadi figuran. Rasanya ya senang," kata Evi kepada wartawan di Pasar Kayu Muntilan, Senin (13/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Evi, hampir semua yang ada di Pasar Kayu Muntilan terlibat. Kurang lebih ada sekitar 50 orang.

"(Figuran) pegawai-pegawai kuli angkut. Di pasar kayu semua terlibat kurang lebih 50 orang. Dari terminal juga ada dan orang sekitar sini," tuturnya.

"Kalau saya bawa sendiri soalnya kebaya jadul sama jarik yang sudah lusuh. Pakai kebaya, punya Mbah. Tapi yang pertama kami pakai baju jadul sama rok jadul gitu dari sana (tim aksesori)," kata Evi.

Saat proses syuting tersebut, katanya, berangkat pukul 05.00 dan pulang pukul 16.00 WIB. Kemudian, untuk apresiasi per harinya atau honor Rp 150 ribu.

"Kami berangkat jam 5 pagi mulai itu jam 6. Jam setengah dua belas itu rehat, habis itu mulai lagi sampai sore jam 16.00, tapi yang terakhir sampai malam karena kami di setting ada klub malam. Ada layar tancap, cafe-cafe dan lain-lain. Adegannya cuma jalan dan bengok-bengok (teriak), (adegan) bertengkar kami heboh bengok-bengok," kata dia.

"Kami senang. Terus ada di TikTok ada di grup PKK, 'weh artis e Muntilan'. Nggak tahu kalau seheboh ini," tuturnya.

Hal senada disampaikan Saryadi yang akrab dipanggil Pak Di. Ia yang di Pasar Kayu Muntilan membuka jasa pengantar kayu juga menjadi figuran.

"Kalau di Gadis Kretek jadi orang biasa, cuma kayak warga lokal. Kostumnya pemeran ganti-ganti, kostumnya yang lurik-lurik itu. Kostumnya punya sendiri," tuturnya.

"Adegannya bebas, yang penting jalan-jalan, ngobrol," kata dia yang terlibat sebagai figuran sekitar 5 hari itu.

Nobar Bersama Keluarga

Evi Handayani yang menjadi salah satu figuran dalam film Gadis Kretek tak menyangka bakal mendapatkan respons penonton yang ramai. Film ini pun telah tayang serial original Netflix Indonesia.

"Nggak tahu bakal ramai seperti ini. Soalnya kan lewat Netflix, jadi kalau orang yang tidak punya Netflix dan berlangganan kan otomatis nggak bisa nonton. Tapi kebetulan kemarin di keluarga saya banyak yang ikut, saya adik saya, ponakan-ponakan saya ikut jadi figuran. Om saya juga. Kami nonton bareng, keluarga. Ke om saya malah sewa layar," kata Evi.

"(Nobar) Kemarin malam minggu (Sabtu malam), kami sekeluarga nonton itu. Kemarin (nobar) dari jam setengah delapan sampai jam 2 malam karena 5 seri kan," imbuhnya.

Simak Video "Pesan Tersirat Karakter Dasiyah di Film Gadis Kretek "
[Gambas:Video 20detik]
(apu/apl)