Profil Tio Pakusadewo, Aktor yang Cerita Dugaan Bisnis di Lapas

Berikut profil Tio Pakusadewo, aktor yang menarik perhatian publik usai bersuara soal dugaan bisnis dalam lapas dimonopoli anak menteri.

Profil Tio Pakusadewo, Aktor yang Cerita Dugaan Bisnis di Lapas
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Tio Pakusadewo baru-baru ini ramai jadi perbincangan di media sosial. Nama sang aktor mencuat usai mengungkap dugaan bisnis di dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang dimonopoli anak menteri.

Pengakuan itu disampaikan Tio kala berbincang dengan Uya Kuya dalam video yang diunggah di YouTube pada Sabtu (29/4). Ia menyebut bisnis itu dikelola sebuah yayasan yang melibatkan anak menteri di Indonesia.

"Yang menggagas itu bekas napi koruptor. Cuma dia pintar lah, link-nya banyak. Terus, dia menggaet salah satu anak menteri," kata Tio Pakusadewo.

Sebelum ramai diperbincangkan karena ucapannya, sosok Tio Pakusadewo sudah malang melintang di industri film Indonesia sejak akhir 1980-an. Ia mengawali karier akting dengan membintangi Bilur-bilur Penyesalan (1987).

Namun, namanya baru mulai dikenal publik saat membintangi Cinta Dalam Sepotong Roti (1990) arahan Garin Nugroho. Kualitas akting Tio kemudian mendapat pengakuan saat berperan sebagai Aria dalam Lagu Untuk Seruni (1991).

[Gambas:Video CNN]

Ia berhasil meraih Piala Citra perdana dalam Festival Film Indonesia 1991. Kala itu, Tio membawa pulang piala untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

Sejak saat itu, popularitas Tio terus melambung dengan membintangi berbagai film populer. Beberapa di antaranya yakni Kuldesak (1997), Berbagi Suami (2006), Quickie Express (2007), hingga Pintu Terlarang (2009).

Pria kelahiran 2 September 1963 itu kembali memenangkan Piala Citra ketika membintangi Identitas (2009). Ia terpilih sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2009.

Pada 2010-an, karier Tio juga masih berada di puncak. Ia bahkan nyaris selalu membintangi lebih dari empat film setiap waktu dalam periode tersebut.

Namun, karier sang aktor sempat terganjal kasus narkoba pada akhir 2017. Ia ditangkap polisi karena positif narkoba jenis sabu dengan barang bukti berupa sabu seberat 1,06 gram.

Tio kemudian harus mendekam di penjara, hingga bebas setahun kemudian. Ia pun sempat comeback dengan aktif membintangi sejumlah film setelah bebas dari penjara.

Sang aktor kembali ditangkap polisi atas penyalahgunaan narkoba pada April 2020. Polisi menyatakan Tio Pakusadewo positif mengonsumsi narkoba jenis sabu dan ganja, hingga divonis penjara satu tahun.

Lanjut ke sebelah...

Profil Tio Pakusadewo, Aktor yang Cerita Dugaan Bisnis di Penjara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA