Harapan Sineas, Hanya Film Indonesia Saja yang Tayang saat Libur Lebaran 2023

Terlontar wacana sebaiknya saat libur Lebaran nanti hanya diputar film Indonesia saja.

Harapan Sineas, Hanya Film Indonesia Saja yang Tayang saat Libur Lebaran 2023
untitled

Krjogja.com - Ada 4 film karya anak bangsa yang diputar saat libur Lebaran 2023 nanti. Terlontar wacana sebaiknya saat libur Lebaran nanti hanya diputar film Indonesia saja. Salah satunya dari Komunitas Demi Film Indonesia (DFI) yang mengimbau bioskop untuk hanya akan menayangkan film Indonesia selama 14 hari pada masa libur Lebaran 2023.

Gagasan ini kini sudah dilayangkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Adapun pada acara yang digelar oleh DFI, ide ini sudah mendapat dukungan dari beberapa filmmaker seperti Rey Bong (Jin & Jun), Yasamin Jasem (Khanzab), Anggy Umbara (Jin & Jun dan Khanzab) serta perwakilan Alim Studio yang memproduksi Buya Hamka. Akan tetapi, belum ada informasi lebih lanjut apakah hal ini akan benar-benar diimplementasikan.

“Saya tidak tahu bakal tayang bersamaan di Lebaran mendatang tapi yang jelas negara harus berpihak 14 hari tanpa film luar jadi cukup fokus 4 Lebaran saja diimbau ke pengelola bioskop,” ucap Anggy selaku penggarap dua film Indonesia yang akan segera tayang di bioskop kepada awak media.

“Setuju sekali dan saya adalah pecinta film nasional agar Lebaran mendatang untuk film nasional saja,” sahut Yayas, sapaan akrab dari Yasamin Jasem.

Sebagai informasi, terdapat empat film Indonesia yang akan tayang di bioskop pada 20 April 2023, sehari setelah cuti bersama libur lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Keempat film tersebut adalah Buya Hamka, Jin & Jun, Khanzab, serta Sewu Dino. Buya Hamka merupakan film biopik pahlawan nasional sekaligus ulama besar Sumatera Barat bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah (kerap dikenal Buya Hamka).

Sementara itu, Jin & Jun merupakan adaptasi sinetron populer tahun 90-an tentang kisah keluarga, percintaan, hingga persahabatan anak SMA bernama Jun. Khanzab merupakan film horor tentang tragedi pembantaian dukun santet Banyuwangi pada 1998 lalu.

Masih bergenre horor, Sewu Dino adalah adaptasi thread viral Simple Man tentang Sri yang lahir tepat pada Jumat Kliwon sehingga berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Sementara itu, terdapat pula beberapa film luar negeri yang juga akan tayang perdana pada masa libur Lebaran 2023. Sebut saja Evil Dead Rise, film kelima dari serial horor Evil Dead Rise yang akan tayang pada 21 April 2023.

Kemudian ada pula Guy Ritchie’s The Covenant dan Beau is Afraid yang juga akan tayang pada 21 April mendatang. Guy Ritchie’s The Covenant yang digarap oleh sutradara ternama Guy Ritchie (Sherlock Holmes) menceritakan tentang kisah sersan angkatan darat AS saat disergap oleh Taliban.

Di sisi lain, Beau is Afraid menceritakan Beau yang diperankan aktor populer Joaquin Phoenix yang merupakan pria tua berwatak halus tetapi memiliki masalah kecemasan. Saat dalam perjalanan pulang ke rumah, ia harus menghadapi masalah supernatural yang liar dan menegangkan. (*)