Sosok Seperti Apakah? Juri di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023

Seperti apa dan yang bagaimanakah diharapkan sosok Juri di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023

Sosok Seperti Apakah? Juri di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023
image

hariankami.com - Kamis, 25 Mei 2023 -  Di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) -- Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023 -- mereka para juri sudah terlihat sudah mulai bekerja, diantaranya menyusun daftar film-film  yang akan tayang di bioskop  dan OTT mulai 1 Oktober  hingga 30 September 2023.

Panitia  FFWI XIII 2023 pun menyelenggarakan “Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri,” di Gedung E.

Menurut Direktur Bidang Penjurian dan Pengadaan Film FFWI, Tertiani Simanjuntak, "Kegiatan  Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri,  bertujuan  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Dewan Juri FFWI dalam memilah dan memilih karya-karya film nasional terbaik," ujar  mantan wartawan The Jakarta Post itu.

”Di samping itu kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kredibilitas sistem dan metode penilaian penjurian FFWI,” sambungnya.

Dalam sosialisasi itu nampak hadir  empat narasumber, mereka adalah;  Rita Sri Hastuti (Anggota LSF), Susi Ivvaty (Editor dan Pendiri alif.id), Daniel Irawan (Penggiat Perfilman), dan sutradara Helfi Kardit.

Baca Juga: Jutaan Udang di Buladu Sumalata Timur Bergerombol Naik ke Darat - BMKG Gorontalo Jelaskan Penyebabnya
    
Diketahui, Dewan Juri yang mengikuti kegiatan sosialisasi dilaksanakan melalui daring -- dari pantauan  mereka nampak begitu antusias  menyimak dan memberi masukan-masukannya.

Sejumlah wartawan pun ikut nimbrung menyaksikan jalannya pelaksanaan sosialisasi tersebut.

“Bagi kami kegiatan sosialisasi ini sangat menambah wawasan dalam menilai film,”
ungkap Thomas Manggala,   wartawan dari Sindonews, yang merupakan salah satu anggota Dewan Juri Awal.

Siapa sebenarnya yang layak menjadi Juri?
    
Menurut Daniel,  "Memaparkan dalam menilai film pada suatu festival, yang  pertama harus diperhatikan adalah -- siapa yang layak menjadi juri dan apa syaratnya?"  Katanya.

"Memang  tidak ada aturan baku dalam literatur  maupun undang-undang.  Selain satu:  buku bisa dijadikan panduan untuk penilaian yang telah  disusun oleh panitia,"  tambahnya.

Baca Juga: Kantor Tri Rismaharini Digeledah KPK Mengusut 6 Tersangka Korupsi Penyaluran Bansos Beras PKH 2020-2021

Mereka yang layak menjadi juri festival film menurut Daniel,  adalah,  "Mereka para produser film, para kritikus film,  para pakar film, para aktor dan aktris itu sendiri, dan tak lupa yang terakhir adalah mereka yang berprofedi sebagai wartawan,  terutama para wartawan yang biasa ditugaskan meliput film,"  beber Daniel.

“Dan di antara semua profesi, wartawan peliput film yang paling layak menjadi juri festival film,” tuturnya.
    
Daniel beralasan, "Karena keseharian pekerjaan mereka adalah mengikuti dan menuliskan produksi dan sering menonton film, " imbuhnya.

Daniel pun menekankan, "Untuk menjadi juri festival film -- setidaknya mereka wajib memiliki pengetahun wawasan dan referensi film yang luas soal film, dan memiliki pengetahuan tentang teknis film, serta tak kalah penting tentunya mereka rajin menonton film," tambahnya.
   
Kelebihan wartawan sebagai juri dalam pandangan Daniel, "Karena profesi wartawan sering berinteraksi dengan penonton film, salah satu pekerjaan wartawan adalah memintai pendapatnya dari para penonton film,  dan dengan sendirinya wartawan pun bertanya film apa yang sedang digandrungi oleh penonton film,"  papar Daniel.