Film Dokumenter 'Sang Punggawa Laut Sumbawa' Raih Penghargaan di Rusia

Film Dokumenter 'Sang Punggawa Laut Sumbawa' Raih Penghargaan di Rusia
image

Film dokumenter Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Karya-karya para sineas muda Indonesia kian menjulang tinggi hingga ke kancah internasional. 

Salah satunya film dokumenter Sang Punggawa Laut Sumbawa dari Eagle Documentary 2022 karya Harsa Perdana dan M. Farhan yang berhasil mendapatkan Penghargaan Prestisius Spesial Juri di 7th Arctic Open International Film Festival 2023 di Rusia.

Harsa Perdana dibesarkan dalam keluarga nelayan. Saat ini, ia masih menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Sumbawa. 

Meskipun mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, ia baru mengenal film dan memproduksi film pada 2021. Ia menjadi salah sau finalis di Festival Film Sumbawa ke-3 dan resmi menjadi anggota Sumbawa Cinema Society (SCS) di tahun yang sama. 

Sejak bergabung, ia aktif memproduksi film dokumenter dan fiksi. Harsa mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut. 

Film Sang Punggawa Laut Sumbawa bercerita tentang seorang nelayan yang ada di Desa Labuhan Sangoro, Sumbawa. Kemudian sang nekayan mengalami krisis ekonomi akibat hasil tangkapan ikan yang tak dapat menutup kebutuhan sehari-hari, hingga istrinya memutuskan untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Brunei Darussalam.

Di tahun ini, film ini juga mendapatkan Piala Citra dalam nominasi Film Dokumenter Pendek Terbaik.