Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2023, Film Indonesia Sabet Golden Hanoman

JAFF 2023 jadi panggung debut film dan serial Indonesia

Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2023, Film Indonesia Sabet Golden Hanoman

Yogyakarta, IDN Times - Malam penutupan festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023 berlangsung meriah. Ratusan orang menunggu di depan panggung utama JAFF 2023 yang diselenggarakan di Empire XXI, untuk pengumuman para pemenang kompetisi film.

Sejak dibuka pada 25 November lalu, JAFF edisi ke-18 ini menayangkan berbagai macam film Asia yang menarik. Bahkan banyak film dan serial Indonesia yang belum tayang reguler di bioskop atau platform lain, memilih JAFF sebagai layar debut mereka. Simak daftar lengkap pemenangnya, yuk.

Baca Juga: 5 Fakta Film Women from Rote Island, Bakal Ada Director's Cut? 

1. Monisme keluar sebagai Film Terbaik

Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2023, Film Indonesia Sabet Golden Hanomansuasana pemutaran film 13 Bom di Jakarta di malam penutupan JAFF 2023 (IDN Times/Muhammad Bimo Aprilianto)

Satu-satunya film Indonesia yang ikut dalam Kompetisi Utama, Monisme ditunjuk oleh juri sebagai pemenang kategori Film Terbaik atau Golden Hanoman di JAFF 2023 ini. Monisme sebelumnya tayang perdana di Festival International de Cinéma de Marseille 2023 dan menang penghargaan Best Feature Film di Bucharest International Experimental Film Festival 2023.

Film eksperimental yang disutradarai oleh Riar Rizaldi ini mengalahkan beberapa saingan kuat seperti Oasis of Now dari Malaysia dan Deaming & Dying dari Singapura.

2. Jadi panggung debut berbagai film dan serial Indonesia

Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2023, Film Indonesia Sabet Golden Hanomanmalam penutupan JAFF 2023 (IDN Times/Muhammad Bimo Aprilianto)

Setidaknya ada 10 film dan serial Indonesia, yang memilih JAFF sebagai panggung debut mereka. Jatuh Cinta Seperti di Film-Film tayang lebih dulu di sini, sebelum rilis resmi pada 30 November lalu. Ada 24 Jam bersama Gaspar yang masih tayang Maret 2024 di Netflix, juga telah tayang lebih dulu di JAFF.

Serial perdana Bumilangit Cinematic Universe, Tira juga telah menayangkan dua episode pertamanya di JAFF, sebelum rilis di Disney+ Hotstar pada 16 Desember mendatang. Sebagai film penutup rangkaian acara JAFF 2023, film 13 Bom di Jakarta melakukan world premiere di JAFF sebelum tayang di bioskop pada 28 Desember 2023.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Daftar lengkap pemenang JAFF 2023

Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2023, Film Indonesia Sabet Golden Hanomanmalam penutupan JAFF 2023 (dok. Jojga-NETPAC Asian Film Festival)

JAFF 2023 menutup acara spektakuler dengan penayangan film 13 Bom di Jakarta dan pengumuman pemenang film kompetisi. Ini dia daftar lengkap pemenangnya:

Main Competition
Golden Hanoman: Monisme (sutradara Riar Rizaldi)
Silver Hanoman: Oasis of Now (sutradara Chia Chee Sum)
Special Jury Mention: Dreaming & Dying (sutradara Nelson Yeo)

NETPAC Award
Which Colour? (sutradara Shahrukhkhan Chavada)

Blencong Award
Hito (sutradara Stephen Lopez)

Indonesian Screen Awards
Best Film: The Draft! (sutradara Yusron Fuadi)
Best Directing: Ismail Basbeth (film Sara)
Best Storytelling: Anindita Suryarasmi dan Yusron Fuadi (film The Draft!)
Best Performance: Irma Novita Rihi (film Women from Rote Island)
Best Editing: Ridwan A. B. dan Yusron Fuadi (film The Draft!)
Best Cinematography: Joseph Christoforus Fofid (film Women from Rote Island)

Geber Award
Abang Adik (sutradara Jin Ong)

Student Award
The River That Never Ends (sutradara J. T. Trinidad)

JAFF 2023 menjadi salah satu festival film terbesar di Indonesia. Selamat kepada para pemenang!

Baca Juga: 10 Film dan Serial Indonesia yang Tayang Perdana di JAFF 2023