Cosplayer Menjamur di IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023, Begini Sejarahnya

Sejarah cosplayer yang kini menjamur, termasuk di IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023.

Cosplayer Menjamur di IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023, Begini Sejarahnya
Jakarta, Insertlive -

Acara IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023 berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 29-30 Juli 2023. Acara ini menampilkan banyak sekali kegiatan mulai dari festival musik, kuliner, fashion, cosplay, hingga penampilan artis dari Jepang seperti Burnout Syndrome, Kana-Boon, Yama, NMB48, Reol, DJ Sena, dan FLOW.

Cosplay menjadi salah satu hal yang mencuri perhatian di acara IMPACTNATION 2023. Ada banyak sekali cosplayer yang datang dari penjuru Nusantara dengan kostum terbaik mereka.

Kata cosplay atau dalam bahasa Jepang ditulis Kosupure merupakan istilah bahasa Inggris yang menjadi kata serapan dari gabungan kata Costume dan Play. Dua kata tersebut bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia akan bermakna permainan kostum.


IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023/ Foto: InsertLive

Awalnya, sejarah Cosplay berawal saat banyak penggemar cerita dan film yang sering mengadakan konvensi fiksi ilmiah di Amerika Serikat pada 1960. Banyak peserta konvensi ini yang mengenakan kostum persis tokoh dan karakter dalam film fiksi ilmiah seperti film Star Trek, Star Wars dan lainnya. Sementara, penggunaan kostum pun telah menjadi budaya yang sangat mengakar di Amerika seperti saat perayaan Halloween.

Siapa sangka, konvensi tersebut akhirnya sampai di Jepang pada 1970 lewat bentuk acara peragaan kostum. Acara peragaan kostum pertama di Jepang berlangsung pada 1978 di Ashinoko, Kanagawa, berupa pesta topeng bertajuk Konvensi Fiksi Ilmiah Nihon SF Taikai ke-7.

Kala itu, seorang kritikus fiksi ilmiah sekaligus penulis bernama Mari Kotani memakai kostum karakter manga Triton of The Sea karya Osamu Tezuka.

Banyak media saat itu yang menyatakan bahwa kostum yang dikenakan Mari Kotani sebagai kostum cosplay pertama.

Istilah cosplay sebetulnya pertama kali dikenalkan oleh Takahashi Nobuyuki saat menghadiri acara masquerade di Los Angeles Science-Fiction Convention pada 1984. Sebagian sumber mengungkapkan bahwa kata cosplay telah dipakai dalam pemberitaan beberapa majalah Jepang di tahun dan Takahashi menjadi orang pertama yang membuat istilah tersebut. Istilah cosplay lantas digunakan untuk menyebut sebuah kegiatan yang mengenakan kostum terutama di Jepang.

IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023/ Foto: InsertLive

Kini, cosplay pun menjamur di banyak negara termasuk Indonesia. Acara IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 29-30 Juli 2023, lantas menjadi ajang pertemuan para cosplayer dari seluruh penjuru nusantara.

Beragam cosplay dari anime One Piece, Naruto, Dragon Ball, kemudian game Genshin Impact, Mobile Legend, hingga karakter fiksi ilmiah lainnya bertebaran di seluruh tempat acara.

Neo dan Kana menjadi beberapa dari cosplayer yang menghadiri acara IMPACTNATION 2023. Mereka berdua melakoni karakter dari anime Jojo Bizzare Adventure. Neo mengenakan kostum Johnny Joestar, sementara Kana memerankan karakter Gyro Zeppeli.

Neo dan Kana mengaku sangat senang karena bisa mengekspresikan hobi cosplay mereka dan bertemu dengan sesama pecinta budaya Jepang.

Neo dan Kana pun berharap budaya cosplay bisa semakin berkembang pesat di Indonesia. Apalagi, antusias cosplayer yang hadir di IMPACTNATION 2023 ternyata sangat luar biasa.

"Semoga bisa berkembang pesat ya, karena cosplayer di Indonesia keren-keren banget, dan nggak nyangka bakal seramai ini," kata Neo dan Kana.

IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023IMPACTNATION JAPAN FESTIVAL 2023/ Foto: InsertLive

Selain itu, ada juga empat sekawan Andre, Denny, Fico dan Kevin yang kompak melakoni cosplay kelompok ninja Akatsuki dari anime Naruto.

Mereka berempat juga mengaku sangat antusias untuk melakoni cosplay kelompok ninja Akatsuki karena sangat menyukai karakter Obito dan kawan-kawan.

Mereka juga sangat berharap semakin banyak cosplayer yang berani untuk unjuk gigi dan menampilkan penampilan kostum terbaik.

"Semoga makin ramai yang cosplay, apalagi udah acara yang mewadahinya, ini bisa jadi momen menunjukkan siapa cosplay terbaik," tutup Fico

(ikh/dia)

Tonton juga video berikut: