4 Tempat Indah yang Jadi Alasan Kamu Harus ke Karangasem, Bali

Kemana saja itinerary kamu ketika pergi ke Bali? Jimbaran, Kuta, Nusa Dua atau Ubud lagi? Kenapa tak coba ke Karangasem?

4 Tempat Indah yang Jadi Alasan Kamu Harus ke Karangasem, Bali
Jakarta, CNN Indonesia --

Kemana saja itinerary kamu ketika pergi ke Bali? Jimbaran, Kuta, Nusa Dua atau Ubud lagi?

Kenapa tak coba ke Karangasem? Mungkin Anda bakal berpikir kalau lokasinya jauh di bagian paling timur Pulau Bali. 

Anak Agung Dewandra R. Djelantik, anggota kerajaan Karangasem dan Pewaris Taman Soekasada Ujung yang termasuk bagian dari Kerajaan Karangasem mengungkapkan bahwa tak banyak wisatawan yang ogah berkunjung ke Karangasem lantaran dianggap jauh.

Dia menambahkan bahwa dari segi ukuran, karangasem sebenarnya punya luas wilayah kedua terbesar di Bali, setelah Singaraja.

"Kalau disebut Karangasem, tak banyak orang yang tahu ada di mana, tapi kalau disebut nama tempat wisatanya, pada tahu dan pernah kesana," ucap Dewandra kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

"Padahal Karangasem itu banyak tempat bagus dan instagramable, cuma kebanyakan orang nggak paham."

Diungkapkan pria yang juga berprofesi sebagai fotografer ini, salah satu kekayaan Karangasem adalah alam dan juga budayanya. "Jangan lupakan juga pemandangan Gunung Agung yang indah."

Berikut beberapa tempat wisata populer di Karangasem yang jadi favorit wisatawan: 

1. Pura Sad Kahyangan

Agung Besakih complex temple on Bali, IndonesiaFoto: iStockphoto/master2
Pura Agung Besakih

Pura memiliki arti penting untuk umat Hindu termasuk warga Bali. Ada berbagai pura yang tersebar di Bali, namun Dewandra menyebut ada 6 Pura Sad Kahyangan, yaitu pura agung yang dipercaya jadi sendi-sendi pulau Bali.

"Bayangkan aja dari 6 Pura Kahyangan yang ada di Bali, 3 di antaranya ada di Karangasem. Kurang apa lagi?"

Beberapa pura yang ada di Karangasem adalah Pura Agung Besakih, Pura Lempuyang Luhur, Pura Goa Lawah, Sedangkan tiga lainnya tersebar di seluruh area di Bali, yaitu Pura Luhur Uluwatu di Uluwatu, Pura Pusering Jagat di Gianyar, dan Pura Batukaru di Tabanan.

2. Pantai Amed

"Amed itu terkenal sebagai tempat diving paling bagus di Bali, tapi nggak banyak yang tahu kalau Amed itu ada di Karangasem," ucap Dewandra.

Tak dimungkiri, Amed yang ada di kawasan Bali Timur ini terkenal jadi tempat diving dan snorkeling populer. Bahkan banyak yang menyebut Amed sebagai surga dunianya bawah laut.

Selain itu mengutip berbagai sumber, Pantai Amed juga jadi penghasil garam yang terkenal di Bali. Pantainya pun berbeda dengan pantai lain di Bali lantaran memiliki pasir hitam.

3. Tulamben

Menikmati akhir pekan dengan menyelam di laut Tulamben, Bali.Foto: Detik/Kamal Shahab
Menikmati akhir pekan dengan menyelam di laut Tulamben, Bali.

Pantai yang satu ini terkenal lantaran wisata kapal karam yang populer. Para wisatawan kerap menyelam dan melihat kapal karam USS Liberty yang tenggelam pada 11 Januari 1942 lalu di Perairan Bali.

Pesona bawah laut Tulamben juga menjadi pesona tersendiri di Karangasem, Bali Timur.

Selain pantai Tulamben, desa di Karangasem ini juga punya banyak tempat yang menarik, sebut saja Suci Place, Reef wreck and critter. dan lainnya.

4. Taman Ujung Soekasada

[Gambas:Instagram]

Taman ujung Soekasada sebenarnya merupakan taman istana Raja Karangasem. Dewandra memanggilnya sebagai kakek raja.

Dia mengungkapkan taman ujung ini dikelilingi dengan kolam besar sehingga sering disebut sebagai water castle.

"Taman ujung ini dibangun pada tahun 1919, namun sempat hancur karena dihantam gempa besar dua kali. Kemudian taman ini direstorasi di 2001 dengan bantuan dari World Bank," cerita Dewandra.

"Direstorasi berdasarkan gambar desain awal, tapi kok kayanya kurang sesuai dan tetap nanti akan ada perubahan lagi ke depannya."

Saat ini, Dewandra yang dulunya tinggal di istana tersebut mengelola taman ujung sebagai obyek wisata Bali dan bekerjasama dengan pemerintah. Saat ini, di taman ujung yang sudah menjadi obyek wisata sudah memiliki visitor center bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

"Kami bekerjasama dengan pemerintah untuk masterplan renovasi Karangasem, ada zona yg dibuat wisata ada yang nggak. Kami tidak mau overdo dan nanti akhirnya kebablasan dan macet, jadi kurang nyaman."

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]